Laksanakan Evaluasi Kegiatan, Pangdam Gelar Vidcon Dengan Dansat Jajaran Kodam IX/Udayana

Thursday, March 18, 2021, 18:33 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., memimpin rapat dengan para Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam IX/Udayana melalui Virtual, yang digelar di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana, Kamis (18/3/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana serta ditempat terpisah mengikuti secara Video Conference (Vidcon) antara lain Para Danrem, Dan/Kabalakdam IX/Udayana dan seluruh Dandim jajaran Kodam IX/Udayana.

Pada kegiatan tersebut, Pangdam menyampaikan bahwa evaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh satuan serta upaya untuk meningkatkan kedepannya dengan beberapa hal yang menjadi penekanan harus dijalankan dan dilaksanakan oleh para Komandan Satuan yang ada di jajaran Kodam IX/Udayana.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi apa yang telah kita kerjakan dan saya yakin di tiap-tiap satuannya dengan upaya ke depan untuk meningkatkan ke arah yang lebih baik”, ujar Pangdam.

Terkait pandemi Covid-19, Pangdam mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 yang melanda Negara Indonesia selama satu tahun ini mengakibatkan kondisi yang sangat luar biasa terhadap ekonomi dan sosial masyarakat Indonesia termasuk di dalam tubuh TNI AD khususnya Kodam IX/Udayana.

“Kita harus menjadi contoh bagi masyarakat, khususnya di wilayah Bali Nusra. TNI bersama Polri merupakan ujung tombak agar selalu terus bekerjasama dengan Pemerintah Daerah masing-masing untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa TNI bersama Polri bisa menanggulangi dan memutus penyebaran Covid-19 termasuk penerapan protokol kesehatan 3M dan 3T”, kata Pangdam.

Selanjutnya Pangdam menyampaikan, program air yang sedang dikerjakan,nantinya akan  dikembangkan ke sektor pertanian sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan nasional serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga secara tidak langsung juga akan meningkatkan kesejahteraan anggota TNI juga.

Program air yang dikerjakan Kodam IX/Udayana ini merupakan program kemanusiaan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat secara umum di NTB, NTT dan Bali. Sehingga masalah pertanian dan peternakan di daerah NTT, NTB termasuk di Bali dapat terpecahkan. 

Oleh sebab itu, Pangdam menegaskan "kepada Para Danrem dan Dandim agar melaksanakan program tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan utamanya di daerah tugasnya masing-masing," tegas Pangdam.

Sehubungan dengan rekrutmen prajurit TNI, Pangdam menyebutkan kegiatan rekrutmen prajurit TNI khususnya seleksi penerimaan calon prajurit agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta dalam pelaksanaannya berpedoman pada prosedur dan ketentuan penerimaan prajurit TNI AD yang telah ditetapkan oleh Komando Atas.


Kemudian kepada panitia seleksi penerimaan, Pangdam menekankan calon yang lulus seleksi daerah yang dikirim untuk mengikuti seleksi ke panitia pusat agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan lebih selektif lagi serta  tegakkan aturan yang benar dalam penerimaan seleksi tersebut.

Mengakhiri kegiatan Vidcon, Pangdam nenyampaikan anggota Kodam IX/Udayana yang saat ini sudah luar biasa dan dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya sehingga dapat menjadi peluang bagi para Komandan di satuan untuk menjadi seorang pemimpin dalam arti positif ke arah yang lebih baik demi kemajuan TNI AD.

Apa yang dilihat dan kerjakan selama berdinas pasti akan mendapatkan hasil yang bagus pula, “lihat kerjakan dan evaluasi”. Sekarang ini tentara sudah jauh lebih baik, usahakan bisa bikin program untuk meningkatkan kemampuan anggota untuk membanggakan Satuan Kodam IX/Udayana dan TNI AD pada umumnya. Lakukan kegiatan yang simple yang dapat dipertanggungjawabkan oleh anggota khususnya di Satuan Batalyon agar memiliki fisik, menembak, bela diri dan menguasai navigasi yang baik,” tutup Pangdam.

(Arifin/Lilik)
Sumber : Kapendam IX/Udayana.

TerPopuler