Musrenbang RKPD Kabupaten Bangkep Tahun 2022. di Kecamatan Totikum Selatan

Sabtu, 20 Maret 2021, 3/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Bangkep - Musrenbang RKPD Kabupaten Bangkep tahun 2022 berlangsung di BPU Kecamatan Totikum Selatan, tepatnya di Desa Kalumbatan, Jumat (19/03/2021).


Hadir dalam Musrenbang, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Bangkep Abderiana Loto, Plt. Sekertaris Bappeda dan Litbang Bangkep Hermantao Marun, Camat Totikum Selatan Apriyanto Pamolango, Kapolsek Totikum Ipda Muh Abdurrahman Afif Hasibuan, rombongan OPD dan perwakilan Pemerintah Desa.


Camat Totikum Selatan Apriyanto Pamolango mengatakan, dengan dilaksanakannya Musrenbang RKPD ini, semoga Totikum Selatan mendapat perhatian lebih dari Pemda.


"Program yang mau diusulkan dalam Musrenbang RKPD harus prioritas di desa,” ujar Camat Apriyanto Pamolango dalam sambutannya.


Bupati Bangkep dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Bangkep Abderiana Loto mengatakan, Musrenbang ini untuk menyatukan tekad, pikiran, dan langkah-langkah untuk membangun Kabupaten Banggai Kepulauan, sekaligus untuk meningkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam konteks pembangunan manusia secara komprehensif.


      
"Di tahun 2020, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Banggai Kepulauan mengalami keterlambatan sebesar 2,98 % yang disebabkan adanya pandemi Covid-19," ucap Apriyanto Pamolango.


Tahun 2022 ini, kata dia, merupakan tahun terakhir RPJMD Kabupaten Banggai Kepulauan, dan pada tahun 2017-2022  masih terdapat permasalahan yang harus diselesaikan.


Di tahun 2022 ini,  Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan mengangkat Tema, yaitu "Mengoptimalkan Pengelolaan Potensi Ekonomi Lokal Dalam Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Menuju Masyarakat Bangkep yang Maju dan Berkeadilan Sejahtera".


   
"Saat ini, Pemerintah terus berupaya mengembangkan infrastruktur strategis di berbagai sektor,  APBD kita terbatas, tidak semua dapat dibiayai dari APBD, sehingga peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah harus ditingkatkan dan dimaksimalkan," ucap Camat Totikum.


       
Kemudian ke depan, Pemerintah akan lebih berfokus pada peningkatan produktifitas di Bidang Pertanian, Bidang Perikanan, Bidang Pariwisata, Penyediaan Air Bersih serta yang paling penting adalah penurunan angka stunting, dengan tetap menjamin terlaksananya prioritas urusan wajib.


Setelah sambutan, dilanjutkan dengan pemaparan kinerja oleh unsur pimpinan OPD Kabupaten Banggai Kepulauan.


Pemaparan dari Bappeda dan Litbang Kabupaten Banggai Kepulauan menyampaikan terkait kerangka regulasi Penyusunan RKPD, terdapat beberapa peraturan yaitu UU No. 25 Tahun 2004, UU No. 23 Tahun 2014 dan lain-lain. Kedua, bahwa Kabupaten Banggai dikelilingi oleh kebanyakan lautan dari pada daratan.


Perencanaan pembangunan terdiri dari Penyusunan Rencana, Penetapan Rencana, Pengendalian Pelaksanaan Rencana, Evaluasi Pelaksanaan Rencana, dan usulan harus yang mempunyai asas manfaat dan merupakan prioritas.


"Dalam kegiatan Pleno Musrenbang RKPD tersebut, menghasilkan usulan yang merupakan skala perioritas masing-masing di bidang Kelompok Infrastruktur, Kelompok Sosial Budaya, Kelompok Ekonomi dan Kelompok Pengurangan Angka Stunting," tutur Apriyanto.*


(Yudi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button