Ops Sikat 2021, Unit Reskrim Polsek Perdagangan Ringkus Pelaku Curat

Sabtu, 13 Maret 2021, 3/13/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Dalam rangka Operasi Sikat Tahun 2021, Tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Perdagangan, Polres Simalungun berhasil meringkus seorang Pelaku Pencurian dengan pemberatan (Curat).


Pelaku berinisial KR alias Dani (29) ditangkap dirumah orangtuanya, yang terletak di Huta I Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun, Kamis (11/3/2021) siang sekira pukul 12.00 Wib.


Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., melalui Kasubbag Humas AKP Lukman Hakim Sembiring, S.H., saat dikonfirmasi Sabtu (13/3/2021) siang sekira pukul 11.30 Wib mengatakan, bahwa penangkapan terhadap Dani (pelaku-red) berawal adanya laporan pengaduan Putri Nurliyanti (korban-red) sesuai Laporan Polisi Nomor : Nomor : LP / 25 / II / 2021/ SU/ SIMAL/SEK-DAGANG, tanggal 6 Februari 2021.


Dimana hari Kamis (4/2/2021) pagi subuh sekira pukul 05.00 wib, korban terbangun karena Risdayani Samosir (saksi 1- red) datang untuk menjemput kedua anaknya yang dititip dirumah Korban. Selanjutnya, saksi bersama kedua anaknya pergi meninggalkan rumah korban.


Berselang beberapa menit, tepatnya sekira pukul 05.10 Wib ketika korban hendak makan, Leni Marlina (saksi 2-red) datang kerumah korban untuk mengambil Handphone (Hp) nya merek Vivo Y12 yang dipakai anaknya berada di atas sofa diruang tamu rumah korban.


Saat itu korban terkejut melihat Hp Vivo Y 12 dan HP nya merek Samsung J2 Prime itu sudah tidak ada lagi, bahkan korban juga melihat 1 Unit TV LED Merek LG 49 Inchi Model :43LM5500PTA Nomor Seri : 005INKH18501 sudah tidak ada ditempatnya.


Lalu, korban melihat salah satu jendela dibagian depan rumah yang terbuat dari bahan kaca dilapisi kayu telah dirusak. Melihat itu, korban mencurigai bahwa rumahnya sudah disantroni maling, kemudian korban pun berusaha mencari disekitaran lingkungan tempat tinggal korban untuk mencaritahu keberadaan barang dan pelaku.


Akan tetapi usaha korban itu sia sia karena pelaku tidak ditemukan. Selang dua hari kemudian, tepatnya Sabtu (6/2/2021) korban menempuh jalur hukum dengan membuat laporan ke Mako Polsek Perdagangan.


Kapolsek Perdagangan AKP Josia, S.H., M.H. pun memerintahkan Kanit Reskrim Iptu S Sagala melakukan penyelidikan.


Selang sekitar satu bulan tepatnya hari Kamis (11/3/2021) siang sekira pukul 12.00 Wib, atas bantuan informasi masyarakat melalui Aplikasi Horas Paten Polres Simalungun, Kanit Reskrim bersama Tim Opsnal berhasil mengungkap dan meringkus KR alias Dani dirumah orangtuanya di Huta I Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam Kabupaten Simalungun.


Diinterogasi, Pelaku mengakui perbuatannya mencuri dirumah Putri Nurliyanti bersama dua temannya berinisial AS (39) warga Desa Partimbalan Nagori Bandar Tinggi, Kecamatan Bandar Masilam dan Ri (25) warga Huta II Nagori Bandar Tinggi Kecamatan Bandar Masilam.


Tidak itu saja, Pelaku juga mengaku melakukan pencurian di PT. Mitra Agung Sawita Sejati yang sudah dilaporkan Pelapor Harida Putra dengan laporan Polisi  Nomor : LP / 17 / II / 2021/ SU/ SIMAL/SEK-DAGANG, tanggal 3 Februari 2021.


"Penangkapan Pelaku KR alias Dani bagian dari Operasi Sikat Tahun 2021, dan sudah diamankan di Mako Polsek Perdagangan guna dilakukan penyidikan sekaligus diproses, dengan mempersangkakan melakukan Pencurian pemberatan sesuai Pasal 363 ayat 2 KUHPidana dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 9 tahun," kata AKP Lukman Hakim Sembiring mengakhiri.*


(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button