Pangdam IX/Udayana: Jangan Pernah Jenuh dan Menganggap Remeh Tentang Covid-19

Wednesday, March 24, 2021, 20:13 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Sebagai pimpinan agar dapat langsung berkomunikasi dengan anggotanya. Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., didampingi Aster Kasdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Waaslog Kasdam IX/Udayana dan Dandeninteldam IX/Udayana melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah Kodim 1623/Karangasem, pada Rabu (24/3/2021).

Setibanya di Makodim 1623/Karangasem, Pangdam IX/Udayana melaksanakan kegiatan silaturahmi bersama Bupati Karangasem, Dandim 1623/Karangasem, Ketua DPRD Karangasem, Kajari Karangasem, Ketua Pengadilan Karangasem, Kapolres diwakili Kabagops Polres Karangasem, dilanjutkan memberikan pengarahan kepada para Perwira Kodim 1623/Karangasem.

Dalam arahannya, Pangdam menyampaikan tentang program membantu masyarakat dari segi ketersediaan air bersih dan terkait pandemi Covid-19 yang sampai sekarang masih terjadi serta masalah perumahan prajurit. 

Masalah pandemi Covid-19, yang diperlukan sekarang adalah membuat semua orang mengerti tentang penanganan Covid-19 dan kita sebagai TNI-AD adalah bagian terdepan dalam penanganan Covid-19, sehingga kita harus mengerti dulu terkait penanganannya.  

“Sampaikan kepada seluruh anggota di tengah situasi pandemi Covid-19 hal simple yang dapat dan diperlukan contohnya apabila ada gejala flu maupun kormobid tidak usah malu-malu atau takut segera kontrol ke rumah sakit, lakukan Tes Swab. Untuk itu, Dandim
 bersama jajarannya terus kampanyekan hal ini”, tegas Pangdam.

Usai memberikan pengarahan, Pangdam bersama rombongan menuju tempat penampungan air yang menggunakan Pompa Hidram di Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem dan juga melaksanakan peninjauan terkait pengadaan air bersih di Dusun Darma Winangun, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu.

Saat berada di Desa Jungutan, Kades Jungutan I Wayan Astika menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pangdam IX/Udayana dan jajarannya karena sudah peduli terhadap warga Desa Jungutan dengan dibuatnya Pompa Hidram, sehingga memudahkan warganya mengakses air bersih.

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa pada hari ini melaksanakan program kegiatan Kunker ke satuan-satuan jajaran termasuk diantaranya ke Kodim-Kodim dan Koramil-Koramil, dimana pada hari ini dilaksanakan di Kodim 1623/Karangasem, ini dilakukan agar dapat langsung berkomunikasi dengan anggota jajaran setelah tiga bulan menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana. 

Selain itu, sesuai laporan yang diterima dari satuan bawah terkait ketersediaan air di wilayah binaannya. Sehingga pada kesempatan ini kita juga akan berputar dan melihat-lihat, kira-kira dimana ada potensi-potensi yang memungkinkan untuk ketersediaan air dan sementara bila ada yang memungkinkan kita akan kerjakan secara bertahap dikaitkan dengan situasi saat ini kita masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19. “Mudah-mudahan dengan sinergi semua pihak yang ada, kebutuhan akan air bisa teratasi dengan baik”, jelas Pangdam.

Terkait masalah Covid-19. Diharapkan semua orang bisa mengerti tentang Covid-19 ini, sehingga tahu langkah-langkah apa yang harus diambil. Jangan pernah ada rasa jenuh dan jangan pernah ada rasa menganggap remeh, karena ini sangat berbahaya seperti misalnya kepada orang-orang yang mempunyai penyakit bawaan (komorbid) atau lanjut usia. 


Dengan demikian bila ada yang terkena Covid-19 dan harus diisolasi, maka laksanakan isolasi dengan baik sehingga tidak menularkan ke orang lain yang bisa membawa dampak terpapar bagi orang lain. Tetapi menghadapi pandemi ini jangan juga menjadi takut dan jangan juga terlalu berani, sehingga kita semua harus pas dalam menghadapi penyakit ini. Kita harus mengerti betul, jika ada keluhan-keluhan segera lakukan pengecekan dan pemerintah siap membantu untuk mempermudah pengecekan.

Mudah-mudahan Bali direncanakan pada Bulan Juli akan dibuka untuk pariwisata dan direncanakan dalam waktu dekat ada beberapa Duta Besar yang diundang untuk melihatnya, bahwa Bali sudah mampu melakukan protokol kesehatan dengan baik. 

“Diharapkan kita bersama-sama bisa menunjukkan protokol kesehatan dengan baik, sehingga nantinya roda perekonomian khususnya di Bali bisa bergerak kembali setelah setahun lebih mengalami penurunan akibat dampak dari pandemi Covid-19 ini”, tutup Pangdam. 

(Arifin/Lilik)
Sumber : Kapendam IX/Udayana.

TerPopuler