Potensi Wisata dan Budaya Desa Krakal Butuh Perhatian

Sabtu, 20 Maret 2021, 3/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Kebumen - Dalam tatanan budaya lestari, Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu ladang perekonomian di Indonesia yang cukup matang, hal ini lebih terlihat sejak kepemimpinan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


Kepala Perwakilan DKI Jakarta Snipers.news Saidi Hartono mencoba menelusuri dan menelisik kelestarian budaya hingga potensi pariwisata di kawasan Kebumen, Jawa Tengah, yang konon kurang mendapat perhatian dari pemerintah, baik pusat maupun daerah.


Di lihat dari beberapa aspek, Wilayah Kebumen memiliki sarana dan budaya serta perekonomian yang cukup bagus, sehingga masyarakat Kebumen tentunya tidak mengalami kesulitan untuk menghidupi keluarganya. Itulah sedikit gambaran masyarakat yang ada dijawa tengah.


Dari sisi tata krama, hal ini menjadi budaya turun temurun bagi masyarakat Kebumen dan secara umum Jawa Tengah. Terlebih dalam pengelolaan sumber daya alam yang di miliki, masyarakat Kebumen cukup mandiri dalam pengelolaannya.


Snipers.news Perwakilan Jakarta ini mencoba menelusuri sejarah Kebumen melalui Tokoh Masyarakat setempat H. Charisudin, yang bertempat tinggal di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen.



Menurut H. Charisudin, Desa Krakal memiliki luas kurang lebih 650 Ha, dan jumlah penduduknya mencapai 7.540 jiwa.


"Desa ini di buka pertama kali oleh orang tua saya. Jadi, orang tua saya merupakan kunci sejarah pertama berdirinya Desa Krakal ini," ungkap H. Charisudin.


Sementara itu, Edi, salah satu putra dari H. Charisudin juga bercerita saat mendampingi ayahnya berbincang dengan awak Snipers.news, bahwa Desa Krakal bisa dijadikan Icon Budaya, jika pariwisata di desanya di buka dan berkembang.


"Akan tetapi, sampai saat ini belum ada satupun dari unsur Pemerintah Daerah yang dapat menjembatani pariwisata Desa ini. Desa Krakal adalah desa alternatif, yang dapat tembus ke Kabupaten Wonosobo Gunung Dieng," ucap Edi.


Edi berharap, Pemerintah Daerah, khususnya di Kebumen dapat duduk bersama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk hal ini, karena sebelumnya ini juga pernah dibicarakan dengan anggota DPRD di desa tersebut.


H. Charisudin menyampaikan pesan kepada kepada Pemerintah, baik daerah maupun pusat melalui Media Snipers.news, untuk bersama-sama membangun wisata di Desa Krakal yang masih belum terbentuk ini," ungkap H. Charisudin.*


(Saidi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button