Seorang Guru di Gorontalo Ciptakan Aplikasi Game Belajar

Selasa, 23 Maret 2021, 3/23/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Gorontalo - Pandemi Covid-19 membuat semua aspek kehidupan melakukan inovasi, termasuk di dunia pendidikan dan khususnya dalam proses belajar mengajar.

Seperti yang dilakukan salah seorang guru Mata Pelajaran (Mapel) Prakarya Informatika Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kabupaten Gorontalo Mulyanto Maruni, yang melakukan terobosan dengan membuat aplikasi game pembelajaran.

Ditemui awak Media di pelataran Madrasah saat mengoperasikan aplikasi game pembelajaran yang dibuatnya, Senin (22/03/2021) Mulyanto menjelaskan, tujuan dibuatnya aplikasi game pembelajaran tersebut adalah untuk mengembangkan keterampilan dalam menyajikan media pembelajaran yang menarik, dengan memanfaatkan teknologi yang terus bergerak maju. 

“Tujuan saya dalam membuat aplikasi game pembelajaran ini selain untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki, juga untuk menyajikan media pembelajaran yang lebih menarik kepada peserta didik MTsN 1 Kabupaten Gorontalo, tentunya dengan memanfaatkan teknologi,” jelas Mulyanto.

Aplikasi game pembelajaran ini sebelumnya dibuat dari Microsoft Powerpoint yang di compire jadi sebuah aplikasi android, setelah itu bisa diinstal dan digunakan di HandPhone peserta didik masing-masing. Kelebihannya, aplikasi ini bisa dapat digunakan secara offline,” tambahnya.

Lebih lanjut Mulyanto menerangkan, pada aplikasi game pembelajaran itu juga dapat diisi dengan materi pembelajaran dan soal evaluasi yang sudah ada penskorannya. Jadi, peserta didik hanya dengan mengklik jawaban yang dipilih, maka skor/nilai akan muncul secara otomatis. 

Menutup penyampaiannya, Mulyanto berharap apa yang telah dibuatnya tersebut dapat membantu dan mempermudah para guru dan peserta didik MTsN 1 Kabupaten Gorontalo dalam proses peningkatan sistem pembelajaran pada masa pandemi sekarang.*

(Irfan Liputo) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button