Temukan Tas Mencurigakan Dalam Masjid, Jibom Polda Sulsel Sterilisasi TKP

Friday, March 19, 2021, 00:29 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Gowa - Kecamatan Patallassang, Kabupaten Gowa, pada Kamis (18/03/2020) sekitar pukul 14.00 wita digegerkan dengan temuan tas yang mencurigakan di atas kotak amal.

Lokasi penemuan tas tersebut berada di dalam Masjid Al-Ikhlas Dusun Sanging-sanging Desa Pattallassang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Kronologis penemuan berawal ketika saksi Lel. Abd Asis Fg. Paewa (38) yang merupakan penjaga masjid akan membersihkan masjid, dan melihat tas pinggang berwarna hitam di atas kotak amal yang disampingnya terdapat kertas berisi pesan.

Karena penasaran, lalu saksi membuka tas dan melihat bentuk kabel lalu saksi memindahkan tas dan kertas putih ke teras masjid lalu menghubungi Pospol Pattallassang.

Karena memasuki waktu Sholat Ashar, saksi kemudian membuang tas ke lahan kosong sebelah kanan masjid menggunakan kayu. Selanjutnya, pada pukul 17.00 Wita, Kapolsek Bontomarannu Iptu Bahtiar, S.Sos., S.H., M.H., bersama Kapospol Pattallassang Iptu Abd  Rasyid tiba dan mengamankan TKP lalu menghubungi Tim Jihandak Brimobda Polda Sulsel.

Sekitar pukul 18.10 Wita, Tim Jihandak tiba di TKP dan melakukan sterilisasi lalu mengamankan tas pinggang yang mencurigakan serta kertas bertuliskan pesan "jangan dibuka nanti menyesal".

Setelah Unit Jibom Brimobda Sulsel melaksanakan deteksi menggunakan GT 200 dan X-RAY Vidisco, tidak ditemukan adanya komponen bom atau bahan peledak dalam isi tas melainkan berisi power bank beserta kabel data.

Setelah dilakukan deteksi terhadap isi tas, selanjutnya pada pukul 18.50 Wita, Tim Jibom Brimobda Polda Sulsel meninggalkan TKP dan membawa barang bukti tas pinggang yang mencurigakan, sementara kertas putih bertuliskan pesan diamankan di Polsek Bontomarannu. 

Atas temuan tersebut Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto mengatakan," saya berharap masyarakat tidak perlu panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan, dan bilamana menemukan orang tak dikenal dan mencurigakan agar segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat," ujarnya.

Terkait pemilik dari pada tas tersebut pihak kepolisian Polres Gowa masih melakukan penyelidikan dan menghimbau kepada semua pihak untuk tidak melakukan tindakan yang dapat meresahkan masyarakat.*

(Harun) 

Humas Polda SulSel

TerPopuler