Wakil Bupati Tanjab Barat Hadiri Rakor Dukcapil Tingkat Provinsi Jambi

Minggu, 14 Maret 2021, 3/14/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Hairan, S.H. menghadiri rapat koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di tingkat Provinsi Jambi Tahun 2021, Sabtu (13/3/2021).


Acara tersebut di gelar di Swiss-Bellhotel Jambi, dengan mengangkat tema “Dukungan Dukcapil dalam Pemuktakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS), Melalui pemanfaatan data kependudukan".


Kegiatan ini di hadiri oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI Prof. Dr. Zudan Arif Fahrullah, S.H., M.H., Pj. Gubernur Jambi Dr. Hari Nur Cahaya Murni, M.Si., Forkopimda Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi, para Bupati dan Walikota Provinsi Jambi, Kepala Dukcapil, Kepala Dinas Sosial Se-Provinsi Jambi termasuk Wakil Bupati Kabupaten Tanjab Barat Hairan, S.H.


Dalam kesempatan itu, juga dilaksanakan pengukuhan Dewan KORPRI Provinsi Jambi periode 2020-2023 oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri RI. 


Rakor tersebut di buka langsung oleh Pj. Gubernur Jambi. Dalam sambutannya, ia mengucapkan selamat datang kepada Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil RI di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.


"Kami berharap, kehadiran bapak dapat menuntaskan permasalahan administrasi kependudukan dan menempatkan Provinsi Jambi sebagai Provinsi terbaik dalam menyelesaikan administrasi kependudukan," ungkapnya.


Disampaikan Pj. Gubernur, bahwa Rakor ini sebagai komitmen bersama dalam mewujudkan Provinsi Jambi tertib Administrasi Kependudukan.


"Dengan terlaksananya acara Rapat Koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil ini, diharapkan adanya satu pemahaman dan kesepakatan terkait pemanfaatan data administrasi kependudukan dalam Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), guna terwujudnya pemadanan data yang akurat," ujar Pj. Gubernur Jambi.


Sehingga kata Dr. Hari Nur Cahaya, apa yang menjadi program pemerintah seperti PKH, program sembako, Program Bantuan Sosial Tunai (BST) dan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), maupun Pelayanan Publik lainnya, terutama yang berhubungan dengan penggunaan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai Single Identity Number (Nomor Identitas Tunggal) dapat berjalan tepat sasaran dan sukses.


"Untuk itu, kerjasama yang baik dengan seluruh lintas sektor termasuk Dinas Sosial dan Dinas Dukcapil Kabupaten/Kota, agar terus ditingkatkan," ujar Pj. Gubernur Dr. Hari Nur Cahaya.


Pj. Gubernur Jambi juga memberi apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, khususnya para Bupati dan Walikota yang sangat aktif memberikan perhatian terhadap upaya perekaman tepat waktu dan tepar sasaran.


"Melalui Rakor ini, tentunya banyak hal yang akan kita lakukan, serta menetapkan berbagai target pencapaian terkait penyelesaian masalah Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten/ Kota. Untuk itu, saya berpesan agar melalui rakor ini dapat diketahui pencapaian program/kegiatan kedepan dan kendala/hambatan dalam mencapai sasaran kegiatan, rencanakan operasional Program Administrasi Kependudukan Provinsi Jambi, dan solusi berbagai kendala yang akan dijumpai nantinya," jelasnya.


Pada kesempatan ini juga, Pj. Gubernur Jambi mengucpakan selamat kepada pengurus yang dilantik.


"Semoga ke depan KORPRI, di bawah kepemimpinan Ketua Dewan Pengurus KORPRI Nasional Prof. Dr. Zudan Arif Fakhrulloh, S.H., M.H., lebih maju, profesional dan bersinergi dalam pembangunan bangsa, untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur sipil negara," pungkasnya.


Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI. Bapak Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H. menyampaikan, kependudukan dan catatan sipil merupakan amanat negara yang tidak mungkin bisa diselesaikan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil saja, karena masalah penduduk merupakan permasalahanan yang cukup kompleks.


"Mari bersama-sama kita membenahi data kependudukan. Selama ini, kita mempunyai banyak data, tapi untuk tahun ini kita memakai satu data dari BPS, menuju satu data kependudukan Indonesia dengan cara pendataan secara online. Untuk itu, semua jajaran agar mendukung BPS dalam melakukan pendataan di berbagai daerah," ujarnya.


Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi Arief Munandar, S.E. melaporkan perkembangan pelayanan administrasi kependudukan sampai tanggal 28 Februari 2021.


"Rekaman KTP Elektronik, untuk jumlah 2.487.916 jiwa sudah dilaksanakan sebanyak 99.78 persen. Cakupan Akte Kelahiran anak usia 0 Sampai 18 tahun 1.154.496 jiwa dan sudah memiliki akte sebanyak 93.15 persen," sebutnya.


Dikatakan Arief Munandar, Provinsi Jambi sudah melaksanakan pengadaan 1 unit mobil pelayanan keliling, yang merupakan salah satu upaya untuk menuntaskan target rekaman digunakan dalam pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi.


Dan pihaknya juga sudah melaksanakan perjanjian kerjasama atau PKS kepada 8 OPD Pemerintah lingkup Provinsi, terkait pemanfaatan data kependudukan.


"Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan Dinas Dukcapil Se-Kabupaten/Kota Provinsi Jambi yang sudah bekerja keras dan berupaya maksimal, demi menuntaskan target rekaman dan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," ungkapnya.*


(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button