Wakil Walikota Datangi MAN 2 Padangsidimpuan, Ini Agendanya

Selasa, 09 Maret 2021, 3/09/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, M.M. buka kegiatan pencanangan momentum bakti sosial IBI - Bangga Kencana Kesehatan tingkat Kota Padangsidimpuan di Aula MAN 2 Padangsidimpuan, Selasa (9/3/2021).

Dalam arahannya, Wakil Walikota menyampaikan, bahwa kegiatan pencanangan bakti sosial telah memberikan kontribusi peningkatan pencapaian kesertaan ber - KB di Kota Padangsidimpuan.

"Dan untuk tahun ini, saya berharap, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, namun dengan tetap mempedomani aturan dan protokol kesehatan uang berlaku," harapnya.

Arwin melanjutkan, program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana ini merupakan program dengan isu strategis yang harus menjadi perhatian bersama, dan dilakukan secara multi sektor dan bersinergi.

Hasil data survey status gizi balita indonesia tahun 2019 menunjukkan, total angka kelahiran di Indonesia per tahun sebanyak 5 juta bayi, dan sekitar 1,2 juta bayi tersebut diantaranya dalam kondisi kurang gizi atau stunting. 

"Oleh sebab itu, untuk menurunkan angka stunting ini sangat membutuhkan penguatan kerjasama dengan para mitra kerja, salah satunya dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI)," pinta Arwin.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padangsidimpuan Mara Gongna menyampaikan dalam laporannya, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang terintegritas dan memadukan berbagai unsur masyarakat, demi mewujudkan pengaturan kelahiran, kesehatan dan kesejahteraan keluarga.

Organisasi profesi IBI mempunyai peran yang sangat potensial dalam mendukung suksesnya Program Bangga Kencana Kesehatan.

"Pencanangan ini diharapkan makin memperkuat komitmen dan sinergitas kepada mitra, yang dalam hal ini diwadahi PC IBI Kota Padangsidimpuan, Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana," sebut Gongna.

Salah satu komitmennya, semua tertuang dalam MoU antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dengan Puskesmas sebagai UPTD Dinas Kesehatan serta Praktek Bidan Mandiri sebagai Anggota IBI.

Gongna juga menjelaskan, maksud dari kerjasama ini adalah sebagai dasar dan pedoman bagi Dinas Kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan keluarga Berencana serta bidan praktek mandiri dalam pelayan KB metode kontrasepsi jangka Panjang (MKJP), 

"Yang pada akhirnya, mempercepat pencapaian keluarga sejahtera pelayanan metode kontrasepsi jangka panjang di Kota Padangsidimpuan," jelasnya.*

(Iwan) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button