Gabungan Aktivis Sumsel Menggelar Aksi di Bundaran Air Mancur

Rabu, 14 April 2021, 4/14/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Palembang - Puluhan Aktivis Sumatera Selatan (Sumsel) dari berbagai latar belakang organisasi dan lembaga melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Air Mancur Kota Palembang, namun dengan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat, Rabu (14/4/2021).

Aksi gabungan aktivis Sumsel yang menamakan diri Aliansi Aktivis dan Pemuda Anti Kekerasan ini dilakukan untuk memberikan dukungan moral kepada aktivis senior Sumsel Panji, yang beberapa waktu lalu menjadi korban penyiraman air keras oleh Orang Tak Dikenal (OTK).

Dalam aksinya, para aktivis meminta jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel untuk segera mengungkap pelaku dan aktor-aktor yang terlibat dalam tindakan keji tersebut.

Rahmat Sandy mengatakan, di dunia Internasional, penyiraman air keras dikenal dengan istilah "Acid Attack", dengan tujuan untuk merusak atau melukai berat dan untuk mempermalukan korban karena meninggalkan bekas dan luka fisik yang permanen.

Lanjutnya, ironisnya, kekerasan dengan menggunakan air keras/cuka semakin sering terjadi di Kota Palembang secara khusus dan Sumatera Selatan secara umum.

"Yang kami sayangkan adalah, korban penyiraman Cuka Para tersebut adalah Aktivis Pejuang Demokrasi, Pejuang Anti Korupsi, Pejuang Agraria," ujar Rahmat. 

"Dari Data yang kami himpun, sudah empat orang yang menjadi korban penyiraman Cuka Para di Sumatera Selatan ini, dan terakhir ini adalah rekan kami, sahabat kami, senior kami, yang merupakan Aktivis 98 bernama Panji. Ia telah mengalami kekerasan dengan disiram menggunakan air keras/ Cuka Para," tuturnya.

Maka, kata Rahmat, dengan ini pihaknya dari Aliansi Aktivis Dan Pemuda Anti Kekerasan mengutuk perbuatan biadab dan tidak mempunyai rasa perikemanusiaan, serta terlihat keji. 

"Dan kami meminta aparat penegak hukum untuk segera menangkap pelaku dan dalang penyiraman air keras kepada saudara kami Panji, dan permalukan mereka di muka umum atas tindakan biadab mereka," pungkasnya.*

(Adi) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button