H. Sulaiman Siregar Resmi Terpilih Sebagai Ketua Panitia Badan Amil Zakat

Kamis, 22 April 2021, 4/22/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Membayar zakat merupakan kewajiban setiap umat Islam yang mampu memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari secara layak. 

Sementara bagi muslim yang tidak mampu mencukupi biaya hidupnya sehari-hari, maka perintah membayar zakat tidak diwajibkan pada mereka, tetapi sebaliknya, mereka harus diberikan zakat.

Amil sendiri berasal dari kata Amila Ya’malu, yang artinya, mengerjakan atau melakukan sesuatu. Singkatnya, Amil Zakat adalah orang-orang yang bertugas untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat. 

Untuk itu, setiap petugas Amil Zakat mengemban tugas dan kewajiban untuk mengumpulkan dan menyerahkan zakat di wilayah tertentu. 

Dalam kesempatan yang berbahagia, bersamaan pada Bulan Ramadhan 1442 Hijriah, bertempat di Masjid Al Ikhsan telah diadakan rapat serta musyawarah pemilihan Panitia Badan Amil Zakat warga Jalan Danau Singkarak Lk. IV Wek V Siborang, Psp Selatan, Kota Padangsidimpuan, Sumut, Rabu (21/4/2021).

Dari berbagai tahapan, proses dan seleksi, dari hasil rapat musyawarah pemilihan Panitia Badan Amil Zakat Lk. IV Wek V Siborang, sebagai Ketua terpilih H. Sulaiman Siregar, Sekretaris Ikhpan Harahap dan selaku Bendahara A. Mukni Lubis.

Sebelumnya, kepada Snipers.news melalui Plh Kepling Lk. IV Sutan Parlaungan Pasaribu mengatakan, bahwasanya undangan dibuat dalam hal pembentukan Panitia Amil Zakat sudah diketahui Ketua BKM Masjid Al Ikhsan dan Ketua STM Lk IV. 

"Dalam Surah At-Taubah ayat 60, disebutkan 8 golongan orang yang berhak menerima zakat, salah satu diantaranya adalah Amil yang berada di urutan ketiga, setelah fakir dan miskin," ucap A. Mukni Lubis. 

Sementara, Sekretaris Amil terpilih Ikhpan Harahap mengatakan, "semoga, dengan terbentuknya kepanitian Amil Zakat 2021 ini, kita semua berharap khususnya panitia, agar di hari H lebaran Idul Fitri penyaluran Zakat bagi yang wajib menerima dapat kita salurkan secara tepat," tutur Ikhpan Harahap.*

(Iwan)

TerPopuler

> Whatsapp-Button