Jelang Pilkades, Kecamatan Lawe Sumur Sosialisasikan Siskamling Kute di Desa Panosan

Selasa, 20 April 2021, 4/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWSAgara - Sekretaris Camat (Sekcam) Lawe Sumur Zulkarnaen Munte, S.E. mengadakan sosialisasi di Desa Panosan, Kecamatan Lawe Sumur, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), Senin (19/04/2021).

Acara sosialisasi yang diadakan dalam rangka menuju tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dan direncanakan akan digelar pada 3 Juli 2021 mendatang ini dilaksanakan di Gedung Aula Desa Panosan, sekira pukul 11.24 Wib.

Acara yang dipimpin langsung oleh Sekcam Lawe Sumur Zulkarnaen Munte ini juga dihadiri Kapolsek Iptu Erizal, Danpos Ramil Pelda Samaiar, Kepala Desa Panosan Panbel Hutahean, Ketua BPK Kute David Siahan, beserta Perangkat Desa dan masyarakat Panosan.

Acara sosialisasi ini juga dalam rangka menindak lanjuti Surat Keputusan Bupati Agara No.141/12/2021 tentang Pemilihan Pengulu (Kades) serentak.

Dalam kesempatan itu, Sekcam Zulkarnaen Munte menghimbau kepada semua pihak untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif dalam menjalankan Pilkades.

"Terkait ini harus diadakan pos kamling keamanan di setiap titik rawan. Didalam pengamanan tersebut nantinya akan dibantu oleh aparat terkait," ujar Sekcam Zulkarnaen.

Sedangkan menurut pemaparan Kepala Desa Panosan Pabel Hutahean dan Ketua BPK Kute David Siahaan, beberapa pekan ini situasi di kawasan tersebut dinilai kurang begitu aman dan kondusif.

Kepala Desa juga memohon kepada pemerintah terkait, agar diciptakannya undang-undang Qanun Kute, agar desanya aman terkendali.

Menanggapi usulan Kepala Desa Panosan terkait Qanun Kute, pihaknya akan membawa usulan tersebut dan akan dimusyawarahkan kepada pihak terkait. "Masalah Qanun Kute tersebut akan dimusyawarahkan," kata Sekcam singkat.

Sementara itu, sosialisasi pola siskamling yang juga di bahas dalam acara tersebut akan terus dilanjutkan ke 16 Desa se Kecamatan Lawe Simur.

Ke 16 Desa tersebut diantaranya Desa Lawe Sumur, Lawe Sumur Baru, Lawe Sumur Sepakat, Lawe Polak, Panosan, Terutung Megare Baru,  Terutung Megare, Lawe Pasaran, Kisam Titipasir,  Kisam Lestari, Kisam Gabungan, Berandang,  Buah Pala, Tiger Miko, Kute Bunin, Kuta Lesung,  dan Setia Baru.

Sosialisasi pola siskamling ini juga akan berlanjut hingga menjelang Pilkades serentak pada tanggal 3 Juli 2021 mendatang.*

(Tamardi) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button