Kapolres Padangsidimpuan Pimpin Apel Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021

Monday, April 12, 2021, 22:57 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, S.I.K., M.H. memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2021(OKT), dengan mengusung tema "Mari Kita Wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid-19, dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021.


Dalam agenda kali ini, turut menghadiri
Wakapolres Padangsidimpuan Kompol Syahril beserta para PJU Polres Padangsidimpuan serta undangan yang mewakili Pemerintahan Kota Padangsidimpuan antara lain Wakil Walikota Ir Arwin Siregar, M.M., Asisten I Pemko Padangsidimpuan Iswan Nagabe Lubis, Kadis Kesehatan Sofyan Sobri, Kadis Perhubungan Yusnal Daulay dan Kakankesbang Alvian.


Kegiatan acara apel gabungan bersama berlangsung di Halaman Bolak Padangsidimpuan, Sumut, Senin (12/4/2021).


Apel gabungan OKT 2021 juga dihadiri dari Ketua Panca Marga Dr. Habib Rahmansyah, serta diikuti 1 Pleton TNI, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Pleton Staf Polres Padangsidimpuan, 1 Pleton Satres Narkoba dan Intel bersama dengan Barisan Dishub, Barisan KBP3, Barisan FKPPI, Barisan AMPI, Barisan PBB dan Barisan Kwarcab Pramuka.



Rangkaian kegiatan kali ini, pimpinan apel tiba di lapangan dan laporan PA apel kepada pimpinan Apel, penghormatan pasukan kepada pimpinan apel, laporan komandan apel kepada pimpinan apel dan dilanjut pemeriksaan pasukan perwakilan penyematan pita tanda ops, mengambil tempat penyematan pita tanda Ops Keselamatan Toba 2021 oleh pimpinan apel.


Selanjutnya Kapolres AKBP Juliani Prihartini membacakan amanat Kapolda Sumut dengan uraian sebagai berikut:


"Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya, pada hari ini kita masih diberi kesehatan dan kekuatan untuk hadir pada Apel Gelar Pasukan Operasi Mandiri Kewilayahan keselamatan Toba 2021 dalam suasana yang penuh khidmat," demikian disampaikan Kapolda melalui Kapolres.


Apel gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, menurunnya angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta menghambat penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara.


Operasi Keselamatan Toba 2021 merupakan operasi kepolisian mandiri kewilayahan yang dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai hari senin tanggal(12/ April /2021)s/d Minggu tanggal (25 /April /2021).


Fokus dari operasi kepolisian ini adalah kepada masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum ataupun pribadi dan menyasar lokasi atau ruas Jalan yang rawan.


Meminimalisir kemacetan, pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas serta kegiatan berlalu lintas masyarakat yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, keselamatan,ketertiban dan kelancaran lalu lintas.


Dalam pelaksanaanya, operasi ini akan melibatkan 2.299 personel, yang terdiri atas 150 satuan tugas Polda serta 2.149 satuan tugas kewilayahan.


Kekuatan personel tersebut akan tersebar di seluruh wilayah Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara. Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif disertai persuasif yang humanis.


Sebagaimana dengan rencana operasi kepolisian mandiri kewilayahan Keselamatan Toba 2021, dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.


"Kita juga dihadapkan dengan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di Indonesia, hingga tanggal 09 April 2021 tercatat 1.558.145 kasus positif, 1.405.659 dinyatakan sembuh serta 42.348 meninggal dunia. Sementara di Provinsi Sumatera Utara, tercatat 27.998 kasus positif, 24.726 dinyatakan sembuh dan 928 meninggal dunia," ujar Kapolres.


Menyikapi hal tersebut, pada operasi keselamatan toba 2021 kali ini, pihaknya juga akan melakukan berbagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.


"Diantara upaya yang kita lakukan yaitu melakukan pemetaan lokasi penyebaran virus Covid-19, melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya penyebaran virus Covid-19 melalui kegiatan sosialisasi, pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melaksanakan edukasi dan penerangan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam
Mematuhi protokol kesehatan," jelas Kapolres.


"Bagi seluruh peserta apel gelar pasukan yang saya hormati, dalam kesempatan yang penuh semangat dan rasa kebersamaan ini, untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas, saya akan menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani, tetap jaga kesehatan serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa," tutup Kapolres.*


(Iwan)

TerPopuler