Ops Keselamatan Toba 2021, Sat Lantas Polres Simalungun Bagikan Masker Serta Tempelkan Stiker dan Brosur

Saturday, April 17, 2021, 18:38 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Satuan Lalulintas (Sat Lantas) Polres Simalungun menggelar Operasi Keselamatan Toba 2021 di empat lokasi atau titik, Sabtu (17/4/2021) pagi sekira pukul 09.00 Wib.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., melalui Kasat Lantas AKP Hendrik F Aritonang, S.I.K., M.H., yang memimpin operasi itu mengatakan, adapun keempat lokasi itu yakni Jalan Asahan Simpang Siantar Estate Kecamatan Siantar, Jalan Medan depan Pos Purba Sari Kecamatan Tapian Dolok, Jalan Tanah Jawa Simpang Marihat Kecamatan Balimbingan dan Jalan Parapat depan Polsek Balata Kecamatan Jorlang Hataran .

"Kita menurunkan sebanyak 80 personil dalam Ops Keselamatan Toba 2021 di empat lokasi itu," ujar Kasat Lantas.

Lebih lanjut AKP Hendrik menjelaskan, dalam Ops Keselamatan Toba 2021 itu, para personil Sat Lantas melaksanakan beberapa kegiatan, seperti membagikan masker kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas serta menempelkan atau membagikan stiker dan brosur "Ayo Pakai Masker" di kendaraan umum maupun pribadi. 

Selain itu mensosialisasikan tentang kebijakan pemerintah untuk tidak melaksanakan mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Pembagian brosur atau stiker dilarang mudik serta sekaligus melaksanakan Cek Point juga dilakukan, baik di kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang memasuki wilayah Kabupaten Simalungun. 

Kemudian memberikan tindakan kepada pengemudi kendaraan sepeda motor menggunakan knalpot blong, sosialisasi Penling tentang Ops, serta keselamatan lewat Medsos dan media cetak dan online yang dilaksanakan mulai tanggal 12 April hingga 25 April 2021.

Kemudian mengkibas bendera merah di daerah Trouble Spot dan Black Spot serta melaksanakan cek jalan, cek jalan alternatif di sekitar kawasan wisata Danau Toba Kabupaten Simalungun juga dilakukan. 

Tidak itu saja, Kasat Lantas juga menambahkan, para personil juga menghimbau bagi angkutan umum agar tidak menaikkan penumpang di atas Cup atau bergantungan. 

Untuk pengemudi sepeda motor agar tetap menggunakan helm, lengkapi surat kelengkapan kendaraan dan tidak berbonceng tiga yang dapat menimbulkan Laka lantas, serta mengajak masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap mensosialisasikan untuk mencegah penyebaran virus Corona seperti 5 M antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

"Jadi, melalui Ops Keselamatan Toba 2021 ini diharapkan dapat terciptanya Kamseltibcar Lantas, penyebaran virus Corona (Covid 19) dapat di putus khususnya di wilayah Kabupaten Simalungun, serta memahami dan mengetahui adanya aturan dari pemerintah supaya tidak melaksanakan mudik," ujar AKP Hendrik F Aritonang mengakhiri.

Sementara, adapun para personil Sat Lantas yang turut mengikuti Ops Keselamatan Toba 2021 itu, Kaurmintu Iptu A.M. Gultom, Kanit Lantas Tanah Jawa Iptu J. Silalah, S.H., Kanit Laka Ipda Jonni Sinaga, Kanit Patroli Ipda M. Rizal, Kanit Regident Ipda Ramadhan Siregar, S.H., dan Kanit Dikyasa Aiptu Syawaluddin Nasution, S.H.*

(PN/Humas) 

TerPopuler