Pemkab Lahat Targetkan Penyederhanaan Birokrasi Tuntas Juni 2021

Jumat, 16 April 2021, 4/16/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Sumsel - Pemerintah Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel) akan melakukan penyederhanaan birokasi untuk menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 130/4846/SJ tanggal 31 Agustus 2020 tentang Penyederhanaan Birokrasi di lingkungan Pemerintah Daerah.


Untuk itu, pada Jabatan Administrasi di Lingkungan Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota, penyederhanaan birokrasi itu ditarget tuntas pada Juni 2021. 


Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Lahat Widi Widayatmo, S.I.P., M.Si. mengatakan, bahwa penyederhanaan birokrasi dilakukan terhadap seluruh perangkat daerah (OPD), kemudian Kecamatan dan Kelurahan.


Adapun jabatan yang saat ini dalam identifikasi, yaitu jabatan jabatan yang akan disederhanakan atau disetarakan dari jabatan adminitrasi ke jabatan fungsional.


Pejabat struktural Eselon 3 dan Eselon 4 yang ada di Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan jadi nantinya tidak ada lagi Kasi, Kabid difungsionalkan, termasuk Kabag namun ada yang pengecualian.


"Ada beberapa yang tetap dipertahankan. Penyederhanaan birokrasi di buat dua level, yang pertama OPD Dinas/Badan itu Pimpinan/Kepala Dinas, Sekretaris dan Kasubag Keuangan. Untuk Kecamatan yang disisakan Camat, Sekcam dan Kasubag Keuangan. Dan untuk di Kelurahan menyisakan Lurah dan Sekretaris Lurah (Seklur), itu yang ditinggalkan tidak disederhanakan dan sisanya difungsionalkan," jelasnya, Kamis (15/04/2021).


Sedangkan, kata Widi, untuk Rumah sakit yang tidak dirampingkan adalah Direktur, Kabid Keuangan dan Kabag Tata Usaha (TU), dan untuk di lingkungan Sekretariat Pemda Lahat dimungkinkan Jabatan Bagian Barang dan Jasa dan Bagian Protokol yang tidak disederhanakan.


"Tujuan penyesuaian birokrasi ini untuk penyederhanaan di dalam pelayanan, biar lebih efektif dan efisien," tambahnya.



Dijelaskan Widi, roadmapnya pada 22 April mendatang berkasnya akan di kirim ke Palembang, awal Mei dikirim ke Mendagri, dari Mendagri dikirim ke Menpan.


"Kemudian Minggu kedua Juni sudah ada informasi dari Menpan, dan akhir Juni dilantik total dengan jabatan baru yaitu jabatan fungsional," jelasnya.*


(Adi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button