Resmi!!!, Kasetukpa Polri Lantik Perangkat Korps Resimen Siswa SIP 50 WSA

Sabtu, 17 April 2021, 19:34 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Sukabumi - Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum. resmi melantik perangkat Korps Resimen Siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan ke-50 TA 2021 Wira Satya Adhipradana (WSA).

Pelantikan yang diikuti Pejabat Utama Setukpa, 404 perangkat resimen terpilih, dan seluruh siswa SIP angkatan 50 itu digelar di Gedung Anton Soebarkah Setukpa Lemdiklat Polri, serta diikuti secara virtual di jajaran Pusdik penyelenggaran SIP Angkatan 50, Sabtu (17/4/2021).

Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum., selaku inspektur upacara dalam amanatnya mengatakan, menjadi perangkat Resimen Korps siswa merupakan suatu kepercayaan dari siswa.


"Saudara telah diberikan mandat untuk menjalankan organisasi dengan baik, ini kesempatan baik untuk belajar menjadi pemimpin atau leadership. Bagi siswa yang tidak menjadi perangkat, dapat belajar menjadi pengikut, bawahan atau folowership, yang mana dalam teori leadership dan folowership sama pentingnya dalam menjalankan roda organisasi," kata Brigjen Mardiaz.

"Sebagaimana dilansir dalam beberapa teori para pakar tentang leadership dan folowership, bahwa pemimpin menyumbangkan 10 sampai 20% keberhasilan organisasi, pengikut dapat menyumbangkan 80 sampai 90%, dan setiap pemimpin pasti pernah jadi bawahan," ungkap Brigjen Mardiaz sambil meneruskan teori- teori lain tentang folowership.

Lebih lanjut Kasetukpa Polri Brigjen Pol Mardiaz menyampaikan kepada para siswa, agar menempa diri supaya menjadi strong leadership, pimpinan yang memiliki power, pengikut dan miliki konsep yang bisa diambil dari pengalaman orang lain maupun pengalaman diri sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol Mardiaz memerintahkan kepada seluruh perangkat yang terpilih, agar segera menyusun program-program Resimen Siswa.


Adapun program-program tersebut adalah:

1. Mendukung satuan pendidikan dalam rangka mencegah Covid-19 agar tidak terjadi cluster baru.
2. Merumuskan program yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik
3. Merumuskan program untuk meningkatkan iman dan taqwa serta membangkitkan semangat cinta tanah air
4. Serta program- program yang melatih empati para peserta didik dalam melihat situasi kondisi sosial yang terjadi saat ini.

Di akhir amanatnya, Brigjen Mardiaz berharap, agar para siswa SIP Angkatan 50 WAS tersebut dapat lulus menjadi Perwira Polri yang baik.

Upacara ditandai dengan penyerahan bendera resimen oleh Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum. kepada perwakilan yang dilantik, yaitu Komandan Resimen (Danmen) Angkatan 50 TA 2021 Siswa Irvan M Ali.

Sementara pejabat yang dilantik antara lain Danmen WAS, 54 siswa perangkat resimen lainnya, serta Danyon Siswa dan perangkatnya yang di Setukpa Lemdiklat Polri dan 5 Pusdik yakni Diklat Reskrim, Pusdik Intel, Pusdik Brimob, Pusdik Administrasi dan Pusdik Binmas.*

(Red/Setukpa) 

TerPopuler