TNI-Polri di Bangkep Amankan Penyerahan BST Tahap II Untuk 2 Kecamatan

Jumat, 23 April 2021, 4/23/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Bangkep - Pelaksanaan penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap II di wilayah Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) mendapat pengawalan dari personil TNI-Polri, Kamis (22/04/21).


Pengamanan (Pam) penyerahan BST tahap II yang diperuntukan untuk bulan Maret dan April 2021 oleh Personel TNI-Polri ini dilakukan Koramil 1308-10/Slkn melalui Danpos dan Babinsa Kecamatan Totikum/Totikum Selatan, serta Polsek Totikum Polres Bangkep.


Kegiatan penyerahan (BST) tersebut dilakukan oleh pihak Kantor Pos dan Giro Kabupaten Bangkep kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 19 Desa yang ada di Wilayah Kecamatan Totikum dan Totikun Selatan Kabupaten Bangkep.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek Totikum Ipda Muh. Abd. Rahman Afif Hasibuan, S.Tr.K.,
Serma Ferry (Babinsa/Danpos Totikum Koramil 1308-10/Slkn), Bripka Harmawansyah (Ps. Kanit Intel Polsek Totikum), Briptu Stenly (Anggota Intel Polsek Totikum), Serda Arif Sugianto (Babinsa Totikum Selatan Koramil 1308-10/Slkn), serta Safarudin L Agi, (Kepala Kantor Pos dan Giro Bangkep).


Selain itu hadir juga Muh. Isro (Kurir Kantor Pos dan Giro Bangkep), Milawati Dj. Asiem, S.E., (Kasi Kesra Totikum) bersama Staf 4 orang, Nurjannah Paturusi, S.H., (Kasi Kesra Totikum Selatan) bersama 2 orang Staf, Ridwan (Satpol PP Kecamatan Totikum), Risno dan Burhan (Satpol PP Totikum Selatan).


Sebelum penyerahan BST, pada pukul 09.00 Wita, sebanyak 123 orang masyarakat Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Totikum berkumpul di Gedung Balai Pelatihan Masyarakat (BPM) Desa Sambiut Kecamatan Totikum.


Kemudian sekira pukul 10.25 Wita, pihak Kantor Pos dan Giro Kabupaten Bangkep berjumlah 2 orang tiba di Gedung BPM Desa Sambiut dengan menggunakan mobil.


Sekira pukul 10.30 Wita, dilaksanakan penyerahan BST oleh pihak Kantor Pos dan Giro Kabupaten Bangkep kepada 123 orang KPM di 11 Desa yang ada di Kecamatan Totikum.


Kemudian pada pukul 13.30 Wita, dilaksanakan penyerahan BST oleh pihak Kantor Pos dan Giro Kabupaten Bangkep kepada 269 KPM untuk 8 Desa se-Kecamatan Totikum Selatan.


Terkait penyerahan BST tahap II yang diperuntukan bulan Maret dan April 2021 tersebut, terdapat beberapa KPM yang tidak menerima BST tahap II, dimana KPM yang telah hadir dalam kegiatan tersebut, sebelumnya pada tahap I (pertama) penyerahan BST peruntukan bulan Januari dan Februari 2021 telah menerima, namun pada tahap II (kedua) beberapa KPM tidak menerima lagi.


Sementara, penyebab beberapa KPM yang tidak menerima BST tahap II sesuai penjelasan dari Milawati Dj. Asiem, S.E., (Kasi Kesrah Kecamatan Totikum), bahwa mereka (KPM) yang tidak menerima BST karena terdapat data yang di hold, yang didasari beberapa sebab.


Dikatakannya, bahwa dana yang sudah masuk ke data hold akan dikembalikan ke negara. Jika data pada Dinas Dukcapil Kabupaten Bangkep maka nama para KPM yang di hold tersebut tetap akan muncul bertahap pada data susulan bulan Maret dan April berikutnya.


"Oleh karenanya, dimohon kepada PDP bisa memastikan data sudah benar. Selanjutnya sebagai informasi, perbaikan data akan dibuka lagi sesuai rencana selama 1 Minggu. Untuk kepastian waktu perbaikan akan di informasikan secara tertulis," jelas Milawati.


"Dimohon agar bersiap untuk perbaikan data. Dimanfaatkan dengan baik, khususnya yang perbaikan data belum 100 %. Data yang tidak diperbaiki pada Disdukcapil, tidak bisa masuk dalam data bayar. Intinya, akan di buka Aplikasi terkait perbaikan data KPM penerima Bansos BST bagi KPM yang keluar dari data bayar," jelasnya menambahkan.


BST yang diserahkan kepada KPM tahap II tersebut sebesar Rp 600.000.- (Enam Ratus Ribu Rupiah) tiap-tiap KPM, total dana BST yang diserahkan tersebut sebesar Rp 234.600.000.- (Dua Ratus Tiga Puluh Empat Juta Enam Ratus Ribu Rupiah).


"Dalam kegiatan penyerahan BST di Kecamatan Totikum dan Totikum Selatan, oleh semua KPM di 2 (dua) Kecamatan tersebut tetap melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan melalui edukasi 3M," tutur Kapolsek Totikum Ipda Abd Afif.*


(Yudi/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button