Buruknya Pengelolaan Media di Diskominfo Tuba, LSM GPMB Segera Kerahkan Ratusan Masa Gelar Aksi Demo

Tuesday, May 11, 2021, 17:50 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tuba - Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Pemuda Menggala Bersatu (GPMB) Fery Satria akan pimpin langsung aksi demo ratusan massa ke Kantor Kejaksaan Negeri Tulang Bawang (Tuba), terkait buruknya kinerja oknum pejabat Diskominfo Tulang Bawang.

Hal itu disampaikan Fery kepada awak media menanggapi keluhan dari ratusan pekerja media di Kabupaten setempat, terkait buruknya pengelolaan anggaran publikasi media yang disinyalir terdapat permainan curang dan terkesan tebang pilih.

"setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan karena kedudukan, jika terbukti telah melakukan tindak pidana korupsi, bisa dipidana seumur hidup," ucap Fery saat dikunjungi di ruang kerjanya, Selasa (11/05/21).

Dari hal tersebut, lanjut Fery, dirinya merasa geram terhadap sikap Pemerintah Daerah yang membiarkan oknum pejabat di Diskominfo melakukan perbuatan diduga tindak pidana praktek pencucian uang. 

"Banyak perusahaan yang bergerak di bidang pemberitaan dan publikasi yang tidak dibayar oleh oknum pejabat Diskominfo, dengan alasan diluar nalar namun hal itu dibiarkan oleh pemerintah," ungkapnya. 

Fery mengatakan, menyikapi hal tersebut, LSM GPMB akan melakukan aksi moral secara besar-besaran ke Kantor Kejaksaan Negeri Tulang Bawang seusai merayakan hari kemenangan Idul Fitri nanti.

"Kekecewaan saya terhadap sikap pemerintah dan penegak hukum akan saya sampaikan ke Kejaksaan, kalaupun harus langsung Kajati. Saya minta dilakukan tindakan sesegera mungkin, karena jika dibiarkan berlarut-larut akan berakibat fatal," tegas Fery.

Dia mengingatkan, dampak pembiaran atas perbuatan yang dilakukan oknum nakal akan meresahkan bila awak media merasa lebih pahit dan sulit lagi, pihak perusahaan dalam berkerjasama, diantaranya pembayaran koran dan publikasi tersendat bisa tidak dibayar,  akibat otak-otak oknum pelaku hingga makin merajalela.

"Temuan LSM GPMB diantara beberapa poin merupakan persoalan serius yang harus segera dibenahi karena sudah melanggar undang-undang No. 20 tahun 2001 Pasal 3 menyebutkan, setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan  diri sendiri atau  orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya. dipidana seumur hidup pidana
kurungan paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun," kata Fery.

Beberapa persoalan, imbuhnya, melanggar UU No 20 tahun 2021 tentang pemberantasan korupsi, diantaranya Transparansi, Kecurangan, dan kegiatan ITE yang diduga kuat itu bermasalah. 

Untuk proses penyidikan sebagaimana telah diuraikan, adalah dalam rangka mengumpulkan alat bukti guna mengungkapkan fakta-
fakta perbuatan. LSM GPMB juga menyoroti  anggaran dana publikasi yang mutlak haknya awak media.

"Tentang upaya penegakkan hukum, LSM GPMB siap melakukan pendampingan, dengan harapan setelah persoalan ini selesai maka tidak ada lagi temuan persoalan lain di wilayahnya," saran Fery.

Dirinya mengultimatum, jika dalam dua minggu ke depan tidak ada tindakan dari Kejari Tulang Bawang, maka LSM GPMB akan melaporkan berbagai temuannya ke KPK.

Dihadapan wartawan, aksi moral LSM GPMB dengan rute Sekretariat LSM GPMB ke Tugu Burung, Kantor Bupati dan Kantor Kejaksaan Negeri Tulang Bawang, dirinya akan melibatkan seluruh pengurus, anggota dan simpatisan LSM GPMB se Lampung.

"Lebih kurang 400 massa siap kami datangkan dari berbagai wilayah Provinsi Lampung, Kabupaten-kabupaten lain wilayah Lampung. Dalam aksi, LSM GPMB akan memprotes pemerintah dan sikap penegak hukum karena tidak serius mengawasi dan menindak pelaku perbuatan melawan hukum dugaan melanggar UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain,  menyalahgunakan kewenangan jabatan,*

(Tim)

TerPopuler