Desa Adat Abang Batudinding Kintamani Gelar Upacara Sabetegen

Senin, 03 Mei 2021, 5/03/2021 WIB
Oleh Redaksi

Dok. Foto Upacara Keagamaan Sabetegen di Pura Tuluk Piyu, Bangli, Bali. 


SNIPERS.NEWS | Bangli - Bendesa Adat Abang Batudinding Banjar Peselatan, Desa Abang Batudinding, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali menggelar Upacara Keagamaan Sabetegen di Pura Tuluk Piyu, Senin (3/5/21) sekira pukul 08.00 pagi. 

Upacara yang dilaksanakan setiap tahun ini dihadiri selain dari Bendesa Adat Abang Batudinding I Made Seraya (54) dan Krama (warga-red) Adat Desa Abang Batudinding, para Pecalang, juga di hadiri oleh Kepala Desa Abangbatudinding dan Kepala Desa Suter Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli, Bali.

Ditemui di lokasi kegiatan, I Made Seraya, selaku Jro Bendesa Adat Batudinding menjelaskan, kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan sebagai bakti syukur kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa), atas segala karunia, nikmat, serta syukur yang selama ini dirasakan oleh warga desa dan berharap ke depan selalu dimudahkan sandang pangan.


"Kegiatan upacara ini juga sudah menerapkan prokes, dimana setiap warga sebelum masuk pura diwajibkan mencuci tangan pada tempat yang telah disiapkan, wajib memakai masker dan menjaga jarak," jelas I Made Seraya.

Lebih lanjut I Made Seraya menambahkan, "saya berharap, dengan dilaksanakan Upacara Keagamaan Sabetegen dapat mempererat tali siraturahmi dan bergotong royong, selulung sebayantaka bersama semua krama," jelasnya.

Berdasarkan pantauan awak media ini di lokasi, Upacara Keagamaan Sabetegen berakhir pada pukul 18.00 Wita.*

(Arifin)

TerPopuler

> Whatsapp-Button