HIPMI dan DPM PTSP Kabupaten Probolinggo Gelar Audiensi

Senin, 24 Mei 2021, 5/24/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Probolinggo - Dalam rangka mendorong percepatan dan kemudahan dalam berinvestasi usaha. Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kabupaten Probolinggo menggelar audiensi bersama dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) setempat pada Senin (24/5) kemarin.

Dalam acara audiensi yang digelar diruang pertemuan Edelweis Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo di Kecamatan Dringu itu. Rombongan BPC HIPMI Kabupaten Probolinggo yang dipimpin langsung oleh Ketua umumnya, Galih Teguh Wahono yang disambut langsung oleh Sekretaris DPM PTSP Kabupaten Probolinggo Mochamad Heru Santoso.

Selama sekitar tiga jam lamanya audiensi itu berlangsung. BPC HIPMI Kabupaten Probolinggo menyampaikan berbagai isu dan program kerja HIPMI kepada pihak DPMPTSP. Utamanya terkait dengan kondisi iklim usaha dan investasi terkini di Kabupaten Probolinggo.

"Audiensi ini kami laksanakan untuk mengupayakan agar terdapat MOU atau kerjasama dengan daerah dalam kegiatan perijinan, kemudahan dan percepatan izin secara kolektif untuk UMKM. Selain itu, audiensi ini sebagai ajang sosialisasi pengisian dan pembuatan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM)," ujar Ketua Umum HIPMI Kabupaten Probolinggo Galih Teguh Wahono, Senin (24/5).
                            

Dijelaskannya pula, bahwa audiensi ini sekaligus sebagai tindak lanjut dari adanya MOU antara HIPMI dengan BKPM RI dan Peraturan Kepala BKPM RI No. 8 tahun 2020 dan perubahannya No 1 tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Daerah.

Dimana, BKPM bertindak sebagai koordinator dalam melakukan penilaian kinerja Kementerian/ Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah. "Dalam hal ini, BKPM melibatkan HIPMI sebagai tim penilai kinerja K/L dan daerah dalam mengurus perizinan investasi. Atas dasar ini pula kami melakukan visitasi dan audiensi dengan DPM PTSP guna untuk melihat dan berdiskusi tentang iklim perizinan dunia usaha di Kabupaten Probolinggo," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPM PTSP Kabupaten Probolinggo Mochamad Heru Santoso mengatakan, pada dasarnya segala upaya dan terobosan telah dibuat oleh pihaknya untuk memudahkan kegiatan perijinan dan investasi di kabupaten Probolinggo.

Seperti melalui program Pelita Hati (Pelayanan Izin Di Tempat Hangat, Amanah, Transparan dan Inovatif) dengan memberikan pelayanan perijinan di tempat, Aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perijinan Terintegrasi Online Single Submission (Sipinter OSS), dan pembayaran retribusi IMB melalui Virtual Account (VA) E-IMB.

"Beragam layanan tersebut pada dasarnya tujuannya sama, yakni untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus perijinan dan rencana investasinya. Namun tetap saja kami sangat membutuhkan dukungan seperti dari HIPMI ini, untuk mewujudkan iklim usaha dan investasi yang menarik bagi para investor," pungkasnya.*

(Taufiq)

TerPopuler

> Whatsapp-Button