Kagumi Keindahan Pantai Larepa, Bupati Simalungun Akan Jadikan Lokasi Wisata Baru

Minggu, 30 Mei 2021, 5/30/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, S.H. mengagumi keindahan Pantai Larepa yang berada di Lingkungan IV Kelurahan Sipolha Horisan Kecamatan Pamatang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Sumut.

Rasa kagum itu diperlihatkan oleh Bupati saat berkunjung di lokasi itu bersama Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, S.H., M.H. dan Dandim 0207 Simalungun Letkol Inf Roly Souhoka serta beberapa pimpinan OPD dijajaran Pemkab Simalungun, Sabtu (29/05/2021).

Pantai Larepa, dengan bentangan pasir putih ditambah alamnya yang sejuk berada persis di pinggiran Danau Toba menambah keindahan lokasi wisata itu. "Sangat indah lokasi ini dan alamnya juga sejuk," kata Bupati.

Melihat keindahan Pantai Larepa itu, Bupati Simalungun memprogramkan kawasan itu menjadi objek wisata baru di pinggiran Danau Toba.


Konsep pengembangan yang diharapkan oleh Bupati ialah dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal. Kedepannya, dalam pengembangan kawasan pariwisata ini masyarakat wajib dilibatkan, dan bersama-sama merencanakan pengembangan Destinasi Pariwisata di Desa ini.
 
Untuk itulah Bupati meminta kepada masyarakat untuk membentuk sebuah komunitas, dan menyusun program pengembangan dan duduk bersama menyusun perencanaan, karena pemerintah tidak memiliki biaya ganti rugi pembebasan lahan untuk akses jalan.

Apabila sudah ada komitmen bersama pemerintah dan masyarakatnya tentang tata ruang dan pembebasan lahan untuk akses jalan dan dermaga di pantai, maka Pemkab Simalungun akan mensingkronkannya dengan Program Pemerintah Pusat, melalui Program KSPN Destinasi Super Prioritas Danau Toba.
 
"Kita akan benahi kawasan ini mulai dari Aksesibilitas, Amenitas dan fasilitas pendukung lainnya, dengan menyesuaikan bentang alam sebagai kawasan objek wisata baru," kata Bupati. 


Pembebasan lahan untuk membangun aksesibilitas jalan, pelabuhan dan amenitas lainnya sangat penting, sehingga apabila investasi ke depan tidak terganggu, baik Investor dari masyarakat lokal dan Investasi lainnya tidak akan terganggu.

"Saya sebagai Bupati Simalungun menegaskan, dalam pengembangan daerah ini, masyarakat tidak boleh dirugikan, masyarakat harus diajak untuk menyusun rencana pengembangan yang baik, dan dicarikan solusi konsep pengembangan Destinasi Pariwisata yang melibatkan masyarakat, dan tidak merusak lingkungan serta tidak melanggar aturan yang ada," tandas Bupati.

Lokasi wisata Pantai Larepa yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (pokdarwis) Kelurahan Sipolha masih membutuhkan sentuhan untuk memperindah kawasan itu. Namun, dengan fasilitas apa adanya, kawasan pariwisata itu dengan alamnya yang masih asri tampak indah mempesona. 

"Kunjungan Bapak Bupati Simalungun ke kampung ini ibarat berkat yang luar biasa bagi kami, untuk itulah kami sangat mendukung program pengembangan ini, karena akan membawa dampak yang baik bagi masyarakat dan daerah ini, terutama dalam membuka akses jalan untuk menuju kawasan Pantai Larepa. Kami siap membebaskan lahan untuk jalan menuju Pantai Larepa," ujar Margaretta Damanik salah seorang dari pengurus Pokdarwis Kelurahan Sipolha.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button