Menjelang HUT ke-64 Kodam IX/Udayana Gelar Tradisi Penjamasan Pataka

Jumat, 28 Mei 2021, 5/28/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Sehari menjelang hari jadi ke-64 Kodam IX/Udayana yaitu pada tanggal 27 Mei 2021, dilaksanakan acara tradisi Penjamasan/Pensucian Pataka Kodam IX/Udayana "Praja Raksaka", pada Rabu (26/5) malam di Pura Agung Udayana, Makodam IX/Udayana, Denpasar.

Prosesi Penjamasan Pataka Kodam IX/Udayana bertujuan untuk mensucikan Pataka Kodam IX/Udayana (Praja Raksaka) menjelang pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun ke-64 Kodam IX/Udayana dengan tema "Kodam IX/Udayana Bersama Komponen Bangsa Lainnya Siap Mewujudkan Wilayah Bali Nusra Aman, Damai dan Sejahtera". 

Selain itu juga, untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar seluruh Prajurit Kodam IX/Udayana selalu diberikan kekuatan, keselamatan dan kesucian pikiran sehingga mampu mengemban tugas pengabdian baik kepada TNI, bangsa dan negara maupun masyarakat, jelas Kapendam.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa  Pataka Kodam IX/Udayana “Praja Raksaka” yang diartikan sebagai Prajurit pelindung dan pengayom rakyat sejati tersebut, diharapkan dengan simbol lambang ini tumbuh semangat jiwa korsa dan soliditas dalam satu ikatan batin yang kokoh kuat sehingga cita-cita dapat tercapai dengan baik.

“Jadilah Prajurit Praja Raksaka Sejati yang selalu mengenang jasa, pengabdian, sikap bijak, perwira, tanggap, tanggon dan trengginas, rela berkorban lahir bathin menegakkan kebenaran demi ajegnya wilayah Kodam IX/Udayana khususnya dan Negara Indonesia pada umumnya”. Hal tersebut senada dengan renungan yang disampaikan saat acara Penjamasan Pataka Kodam IX/Udayana, "tutup Kapendam.

Acara yang berlangsung dengan tertib dan aman dihadiri langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana dan para Dan/Kabalakdam IX/Udayana serta perwakilan Prajurit/PNS Kodam IX/Udayana.*

(Arifin/Lilik)

Sumber : Kapendam IX/Udayana

TerPopuler

> Whatsapp-Button