Pemkab Tabanan Terima Kunjungan Tim Pakar Satgas Covid-19 Nasional

Sabtu, 08 Mei 2021, 22:37 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWSTabanan – Pemerintah Kabupaten Tabanan yang diwakili oleh Sekda I Gede Susila, menerima kunjungan Tim Pakar Satgas Covid-19 Nasional/BNPB di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Tabanan, Sabtu, (8/5).

Turut hadir saat itu, Perwakilan jajaran Forkompinda Tabanan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, para Asisten serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan yang tergabung dalam Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan.

Tim Pakar Satgas Covid-19 Nasional yang saat itu diwakili oleh I Nyoman Gede Agus Asrama, mengatakan, bahwa kedatangan pihaknya ke Kabupaten Tabanan adalah dalam rangka pendampingan penguatan/pembentukan posko, mengidentifikasi situasi yang ada dan sumber daya yang tersedia serta melakukan diskusi untuk mengetahui kendala yang dihadapi di posko Satgas tingkat Kabupaten/Kota.

“Ini kebetulan saya ditugaskan di Bali karena saya orang Bali yang ada di Tim Pakar yang dianggap lebih mengenal budaya Bali, sehingga pendekatan secara kebudayaan dalam konteks perubahan prilaku masyarakat, lebih tepat saya diturunkan,” ucap Agus.

Ia menambahkan sangat merasa berbahagia sekali, meskipun di hari Sabtu, Pemkab Tabanan tetap antusias menerima pihaknya. Banyak hal yang dibicarakannya saat itu terkait dengan penanganan pandemi Covid-19  khususnya penguatan tentang PPKM Micro di Kabupaten Tabanan.

“Sudah berbagai kebijakan telah dikeluarkan Pemerintah untuk mengatasi pandemi, jurus pamungkas yang telah disampaikan oleh pak Kasatgas Doni Munardo, PPKM Micro inilah sebagai jurus pamungkas. Karena virus ini hanya bisa dikendalikan oleh orang itu sendiri, karena yang membawa virus adalah orang,” ujarnya.

Oleh karena itu, Agus Asrama menegaskan, penanganan di level terkecil melalui PPKM Micro adalah hal yang paling tepat saat ini. Seperti Bali, tidak terkecuali di Tabanan melakukan PPKM Micro berbasis Banjar Dinas ataupun Banjar Adat.

Terkait kondisi tersebut, Sekda I Gede Susila mengatakan pelaksanaan PPKM Micro di Kabupaten telah dioptimalkan melalui berbagai upaya, yakni mulai kesiapan Satgas, Tim Kesehatan maupun sosialisasi ke masyarakat serta secara rutin melakukan rapat evaluasi, hingga mempercepat pelaksanaan vaksinasi ke masyarakat.

“Rapat koordinasi Satgas kita rutin Pak, kalau gak salah baru kemarin kita rapat dan dipimpin langsung Bapak Bupati. Semuanya ini tentu dalam rangka pengendalian Covid ini,” ujarnya.

Disamping itu, Ia juga mengatakan pihaknya juga melakukan audit baik intern maupun external oleh Badan pemeriksa yakni Inspektorat Tabanan. Serta tentu dalam bekerja dikatakannya Tim Satgas Kabupaten Tabanan telah sesuai dengan regulasi yang ada, baik dari surat edaran Pemerintah Pusat, Provinsi kemudian Kabupaten yang telah diterjemahkan dalam surat edaran Bupati.

“Hal ini telah kita lakukan sebagai dasar kita melangkah dalam menangani Covid ini di Kabupaten Tabanan. Kita berkeinginan untuk mempercepat pengendalian pandemi ini,” imbuhnya.

Setelah melakukan berbagai diskusi dalam rangka optimalisasi penanganan pandemi, Sekda I Gede Susila beserta jajaran mengajak Tim Pakar Satgas Covid-19 Nasional ke beberapa Desa, yakni ke Desa Delod Peken Tabanan dan Desa Banjar Anyar, Kediri, untuk melakukan peninjauan penerapan PPKM Micro.

(Agung DP/Iskandar)

TerPopuler