Personil Brimob Sumut Dikerahkan ke Lokasi Banjir Bandang dan Longsor di Parapat

Friday, May 14, 2021, 10:37 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Banjir bandang menerjang kawasan Kota Wisata Parapat Danau Toba. Banjir menyebabkan puluhan rumah warga rusak dan arus lalu lintas terputus. Banjir bandang melanda Desa Sibaganding, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis(13/05/21) Sore.

Air bercampur lumpur mengalir dari perbukitan hingga satu kilometer dan menerjang Kota Wisata Parapat Danau Toba. Hujan deras dengan intensitas tinggi diduga menyebabkan air sungai dari kawasan perbukitan Danau Toba meluap, hingga membawa material lumpur dan batu.

1 Regu personil SAR Brimob Polda Sumut dipimpin oleh Iptu Ganti Nainggolan, S.H. diturunkan, guna membantu proses evakuasi maupun pembersihan jalan yang ditutupi oleh lumpur.

Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Suheru, S.I.K., M.H., melalui Danyon B Pelopor Kompol Endra Budianto mengatakan, saat ini pihaknya telah berada di lokasi guna memberikan bantuan dan bergabung bersama TNI, BPBD serta relawan dalam pembersihan sisa sisa lumpur dampak dari banjir bandang.


"Personil Brimob mulai dari tadi malam bersama personil gabungan lakukan pembersihan dengan bantuan alat berat untuk membersihkan lumpur yang menutupi akibatnya jalan Sisingamangaraja lumpuh total, dan mengakibatkan aktivitas warga terganggu," ujar Kompol Endra.

"Kita bersama pihak terkait lakukan koordinasi dan juga pembersihan guna membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak Banjir di Desa Sibaganding, Kabupaten Simalungun," tambahnya.

Sementara, arus lalu lintas yang menghubungkan tiga Kabupaten/Kota nyaris terputus. Banjir bandang juga menyebabkan puluhan rumah warga mengalami kerusakan. Banjir yang terjadi sekitar pukul 15.30 Wib juga membawa material lumpur dan potongan kayu.

Belum diketahui pasti jumlah kerugian yang terdampak. Pemerintah daerah setempat masih melakukan pendataan.*

(Red/Hms) 

TerPopuler