Polda Kepri dan Gubernur Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2021

Rabu, 05 Mei 2021, 12:21 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Batam – Dalam rangka pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polda Kepri menggelar Operasi Ketupat Seligi 2021. Apel Gelar Pasukan langsung dipimpin oleh Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., bertempat di Lapangan Upacara Polda Kepri, Rabu (5/5/2021).

Operasi Ketupat Seligi 2021 mengangkat Tema ″Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021 Kita Tingkatkan Sinergi Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman Dan Nyaman Pada Perayaan Idul Fitri 1442 H″.

Pada Apel Gelar Pasukan dihadiri oleh Pangkogabwilhan I Laksdya TNI I Nyoman Gede Ariawan, S.E., M.M., Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si., Danrem 033/WP, Wakapolda Kepri, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danguskamla Koarmada I, Kabinda Kepulauan Riau, Ka. BNN Provinsi Kepri, Kajati Provinsi Kepri, Irwasda Polda Kepri serta PJU Polda Kepri dan Unsur Forkopimda Provinsi Kepri dan Kota Batam.

Membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M. menyampaikan, Apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, baik aspek personel maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas lainnya. 


Operasi  Ketupat akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021, dengan mengedepankan kegiatan pencegahan, didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman.

Selanjutnya saat ditanya oleh awak media, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S., S.I K., M.Si., mengatakan, pada Operasi Ketupat Seligi tahun ini sebanyak 896 Personil dilibatkan dan ditambah personil dari Instansi terkait sebanyak 723 yang terdiri dari TNI, Linmas, Satpol, Dishub ,Jasa Raharja, Damkar, Pramuka, Dinkes, Senkom, Basarnas, Orari, ASDP, PLN, Angkasapura dan Pelindo. 

″Selain pelibatan Personil, kita juga menempatkan 241 Personil pada 5 Satuan Tugas, seperti di Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar Lantas, Satgas Gakkum dan Satgas Banops," ucap Kabid Humas Polda Kepri.

Selama Operasi, juga terdapat 3.368 lokasi yang dilakukan pengamanan di wilayah Provinsi Kepri, yang terdiri dari sentra perekonomian, Hotel, Pelabuhan, Terminal, Bandara, Gudang sembako, SPBU, tempat wisata, lokasi shalat Ied, mall dan pasar. 

"Dengan 14 Pos Pengamanan, 12 Pos Pelayanan, 21 Pos Terpadu dan 7 Pos bergerak," tutup Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S.*

(Rianto/Hms)

TerPopuler