Polemik Pemindahan Puskesmas Sedinginan Berujung Penolakan Para Tokoh

Jumat, 07 Mei 2021, 5/07/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Rohil - Kesal dan kekecewaan masyarakat Kecamatan Tanah Putih khususnya warga Kelurahan Sedinginan memuncak, terkait dengan pemindahan Puskesmas Sedinginan ke Jalan Lintas Riau - Sumut, tepatnya di Kelurahan Banjar XII. 

Salah satu tokoh masyarakat Sedinginan Jamsuri, S.Sos. sempat mengatakan, bahwa pemerintah Rohil adalah zolim dan terkesan tidak mementingkan orang banyak. 

Ucapan tersebut dikatakan Jamsuri saat rapat koordinasi bersama Plt Camat Suryadi, S.E. di Aula Kantor Camat, Jumat (7/5/21). 

Rapat koordinasi terkait pemindahan Puskesmas Sedinginan yang dilaksanakan oleh Plt Camat Tanah Putih Suryadi, S.E., ini juga dihadiri Kepala Puskesmas Sedinginan, Plt Lurah Sedinginan, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Rapat tersebut sempat memanas, semua element masyarakat menolak pemindahan Puskesmas Sedinginan, yang diketahui dilakukan Pemda Rohil ke Jalan Lintas Riau - Sumut tepatnya di Kelurahan Banjar XII.

Dalam rapat koordinasi dengan Camat Suryadi, salah satu tokoh masyarakat Sedinginan Jamsuri, S.Sos. sempat mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Rohil zolim terhadap rakyatnya.

"Pemerintah Rohil ini zolim, sudah dua tahun masyarakat Sedinginan memperjuangkan keberadaan Puskesmas Sedinginan supaya tetap berada di Ibukota Kecamatan Tanah Putih, tapi apa yang diinginkan masyarakat banyak tidak dipedulikan oleh pemimpin Rohil," ujar Jamsuri. 

Dikatakannya, Pemkab saat ini tetap ngotot untuk memindahkan Puskesmas yang sudah puluhan tahun berada di Sedinginan untuk keluar dari Kecamatan Tanah Putih. 

"Inilah namanya pemimpin yang zolim. Kemana kita mau mengadu lagi, sedangkan mau mengadu ke orang nomor satu di Rohil tidak dilayani," gerutu Jamsuri dengan nada kesal. 

"Kalau pemimpin kita zolim, hanya satu satunya tempat kita mengadu kepada Allah SWT," ucap Jamsuri kembali. 

Sementara itu, Ketua Pemuda Sedinginan Abdul Rahman juga mengungkapkan kekesalan yang sama. Dirinya juga menolak atas pemindahan Puskesmas Sedinginan.

"Saya sangat menolak sekali atas pemindahan Puskesmas Sedinginan, harus pihak Pemda (Dinas Kesehatan) terlebih dahulu berkonsultasi dengan masyarakat Sedinginan," jelas Abdul Rahman. 

"Jangan main pindah-pindah saja. Pemda Rohil seharusnya peduli dengan lima desa ini, yaitu Desa Sekeladi, Desa Sintong, Desa Teluk Mega, Desa Sedinginan dan Desa Banjar XII yang membutuhkan Puskesmas tersebut," kata Rahman dengan panggilan sehari hari Doyok.

Maunya, kata Abdul Rahman, Pemda Rohil terlebih dahulu berkonsentrasi dengan Bupati terpilih terkait pemindahan Puskesmas Sedinginan. Karena dalam beberapa Minggu ke depan, Afrizal Sintong - H Sulaiman akan memimpin Rohil untuk lima tahun ke depan.

"Nah, jangan nanti Bupati baru di kambing hitam kan oleh pemimpin Rohil yang lama," ungkapya.

Sementara Plt Camat Tanah Putih Suryadi, S.E., dihadapan peserta rapat mengatakan bahwa dirinya dan Bupati Rohil Suyatno sudah melakukan komunikasi terkait hal itu. 

"Pada malam tadi saya sempat berkomunikasi dengan Pak Bupati Suyatno. Beliau menyerahkan sepenuhnya kepada saya," kata Plt Camat Suryadi.*

( Milan )

TerPopuler

> Whatsapp-Button