Polres Bersama Pemkab Tapsel Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021

Wednesday, May 5, 2021, 13:55 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tapsel - Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, S.H., S.I.K., M.H., bersama Forkopimda Tapanuli Selatan (Tapsel) menghadiri kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Toba Tahun 2021.


Kali ini, Bupati Tapanuli Selatan H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, S.P.T., M.M. pimpin apel kesiapan gabungan dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M, bertempat di Lapangan Bola Bintuju Serasi Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapsel, Sumut, Rabu (5/5/2021).


Turut menghadiri apel gabungan ini diantaranya, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, S.I.P., Dan Yon C Brimob Sumut diwakili AKP M. Purba, Dansub Denpom Lettu CPM Ongku Siregar, ZA, PJU Polres Tapsel,
PJU Kodim 0212/TS dan Yon 123/RW, SKPD/OPD Pemkab Tapsel, serta Pasukan Upacara (Polri, TNI, BNPB, Damkar dan Dinas Terkait).


Dari kegiatan apel gabungan ini, Bupati Tapanuli Selatan membacakan amanat Kapolri, yang berbunyi :


"Tahun 2021 pemerintah memutuskan melarang kegiatan mudik bagi seluruh masyarakat pada tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021. Ini adalah tahun kedua dimana pemerintah telah mengambil kebijakan untuk melarang warga masyarakat melakukan perjalanan mudik pada libur Hari Raya Idul Fitri, karena situasi pandemi Covid-19.


Kita menyadari, bahwa larangan pemerintah ini tidak serta merta dipatuhi masyarakat, sehingga potensi pergerakan orang untuk melakukan perjalanan mudik masih cukup tinggi. hasil survey Kementerian Perhubungan terhadap masyarakat, apabila pemerintah tidak melarang mudik maka akan terjadi pergerakan orang melakukan perjalanan mudik sebesar 81 juta orang, namun apabila pemerintah melarang mudik, masih akan terjadi pergerakan orang melakukan perjalanan mudik sebesar 27,6 juta orang atau 11%.


Pengalaman tahun lalu berbagai modus dilakukan masyarakat untuk mengelabuli petugas agar dapat lolos sampai di tempat tujuan mudik. hal ini tentu menjadi pembelajaran bagi kita, dan lebih utama lagi begitu tinggi niat serta gigihnya masyarakat agar dapat melakukan perjalanan mudik, sehingga perlu antisipasi dan kesiapan petugas.


Saat ini pemerintah masih terus berjuang menekan laju perkembangan Covid-19 dengan berbagai kebijakan, antara lain pendisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan (3 m), kegiatan vaksinasi dan terakhir PPKM mikro yang dinilai cukup efektif.


Kita harus bahu-membahu bersinergi dengan instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan laju perkembangan Covid-19.


Penurunan transmisi penyebaran Covid-19 akhir-akhir ini jangan menjadikan kita lengah, sehingga kita mengabaikan protokol kesehatan. Kegiatan-kegiatan keagamaan, utamanya pada Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah harus dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai surat edaran menteri agama.


Kejadian di Negara India terkait ritual keagamaan umat Hindu Kumbh Mela, yakni mandi bersama di Sungai Gangga tanpa menerapkan protokol kesehatan yang menyebabkan lebih dari 1000 orang tertular dan dinyatakan positif Covid-19 harus menjadikan pengalaman, serta cermin bagi kita agar tidak lengah.


Operasi Ketupat 2021 akan dilaksanakan  selama 12 hari, mulai tanggal 6 sampai dengan 17 Mei 2021, dengan mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dini dan penegakan hukum dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19. Sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan rasa aman dan nyaman," demikian Amanat yang dibacakan Bupati.


Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2021, akan melibatkan 90.592 personel Polri, 11.533 personel TNI serta 52.880 personel instansi terkait lainnya, yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Jasa Raharja, dll.


Personel tersebut akan ditempatkan pada 333 pos penyekatan untuk mengantisipasi terhadap warga masyarakat yang masih nekat akan melaksanakan perjalanan mudik, 1.536 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, tempat wisata.


Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi Operasi Ketupat tahun 2020, gangguan kamtibmas secara umum termasuk curat dan curas mengalami kenaikan, sedangkan untuk kasus-kasus yang meresahkan masyarakat  lainnya seperti curas bersenpi, curanmor, anirat, mengalami penurunan, demikian juga kecelakaan dan pelanggaran lalu-lintas juga mengalami penurunan yang cukup signifikan.


"Untuk menghadapi tugas mulia dalam rangka  Pengamanan Idul Fitri Tahun 2021, maka pada   kesempatan apel gelar pasukan Operasi Terpusat Ketupat 2021 ini, ada beberapa hal  yang perlu saya tekankan, yaitu sebagai berikut :


Siapkan mental dan fisik saudara yang dilandasi  oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang  tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.


Kemudian hindari sikap dan tindakan - tindakan  tidak simpatik dan arogan, yang tidak  mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok  pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.


Lakukan deteksi dini, dengan mengoptimalkan peran Fungsi Intelijen dan Bhabinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang  berkembang di masyarakat, sehingga dapat  diantisipasi sedini mungkin setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.


Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas, yang memanfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H di seluruh wilayah, khususnya daerah yang memiliki kerawanan serta berpotensi menjadi target para pelaku.


Gelar kekuatan Polri pada pos - pos pengamanan dan pelayanan serta di titik - titik  rawan kriminalitas, titik- titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, sehingga  mampu  bertindak cepat dan tepat dalam melakukan tindakan kepolisian, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.


Utamakan keselamatan anggota yang bertugas di lapangan dengan mencermati perkembangan situasi saat ini, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lengkapi penugasan anggota dengan buddy system.


Waspadai maraknya aksi tawuran antar warga, sweeping atau razia tempat hiburan oleh kelompok masyarakat, serta berbagai bentuk gangguan kamtibmas lainnya yang dapat mengganggu situasi kamtibmas pada Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.


Cegah terjadinya aksi balap liar, kebut-kebutan,  pengendara motor yang tidak mematuhi aturan berlalu lintas, seperti pengendara motor dengan knalpot bising, penumpang yang duduk di kap kendaraan, penggunaan kendaraan tidak sesuai dengan peruntukannya dan lain - lain.


Gandeng tokoh agama dan stakeholder terkait lainnya, untuk sosialisasikan secara masif agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling.


Pelaksanaan kegiatan ibadah baik di Bulan Ramadhan maupun saat Idul Fitri, agar senantiasa mempedomani Surat Edaran Menteri Agama Nomor : Se.03 tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramdhan dan Idul Fitri tahun 1442 H.


Cegah agar masyarakat tidak bermain petasan maupun kembang api yang membahayakan keselamatan jiwa pada saat Idul Fitri 1442 H.


Koordinasikan dengan Satgas Covid-19 dan stakeholder terkait lainnya, untuk lakukan pengawasan secara ketat terhadap tempat-tempat wisata, agar membatasi jumlah pengunjung maksimal 50% dari daya tampung.


Satgas pangan agar betul-betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan-bahan pokok dan pengendalian harga.


Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah  secara tegas namun humanis terhadap setiap  pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kamseltibcarlantas.


Gelar peralatan dan berdayakan sarana prasarana Polri, guna mendukung pelaksanaan tugas pengamanan Idul Fitri 1442 H.


Jalin kerjasama yang harmonis dan sinergis dengan seluruh instansi terkait dan segenap potensi masyarakat, dalam rangka mewujudkan sinergi polisional yang pro aktif untuk  memberikan pelayanan terbaik kepada  masyarakat," tutup Bupati.


Selama pelaksanaan Apel Gelar Pasukan berlangsung, tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah, seperti mencuci tangan, memakai masker, nenjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M) guna mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).


Hal itu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kasubbag Humas Polres Tapsel Iptu Amron Simanullang, S.H., kepada Snipers.news saat ditemui di ruang kerjanya.*


(Iwan)

TerPopuler