Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid -19 di Provinsi Kepri

Jumat, 21 Mei 2021, 5/21/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Batam - Menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo, pada saat kunjungan kerjanya di wilayah Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu 19 Mei 2021 yang lalu, Pemerintah Provinsi Kepri bersama Forkopimda melaksanakan Rakor yang membahas percepatan penanganan Covid-19 di Wilayah Provinsi Kepulauan Riau, bertempat Aula Rapat Kantor Gubernur Provinsi Kepri, Tanjungpinang, Kamis (20/5/2021).

Dalam Rakor tersebut dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M., Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, S.H., Sekda Provinsi Kepri H. T.S Arif Fadilah, S.Sos., M.Si., Pangkogabwilhan diwakili oleh As Ops Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo, serta Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si.

Selain itu hadir juga Kajati Kepri Hari Setoyono, S.H., M.H., Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmi Ramoz Manalu, S.Hub., Int., Danlantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han., Ka Zona Maritim Barat Laksamana Pertama TNI Hadi Pranoto dan Danlanud RHF Tanjungpinang Kolonel Pnb Andi Wijanarko, serta diikuti oleh Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Wilayah Provinsi Kepri secara Virtual.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad, S.E., M.M. mengatakan, sesuai arahan dari Presiden kepada semua pihak serta Forkopimda tentang persentase penyebaran Virus Covid - 19 di Wilayah Kepri, dirinya berharap semua dapat bekejasama dalam mengambil langkah meminimalisir penyebaran virus Covid-19 ini.

″Telah ditetapkannya 67 Sentra Vaksinasi di seluruh wilayah Kepri dan pada tanggal 19 Mei 2021, dan akan dilaksanakan vaksin serentak dengan target sebanyak 15.500 orang. Dalam pelaksanaan nantinya, kegiatan Vaksinasi ini agar selalu di prioritaskan lansia, guna tercapai tercapai persentase seperti yang diharapkan. 

"Bila perlu setiap Lansia kita yang ada di Kepulauan Riau difasilitasi, seperti dijemput dan diantar ke Central vaksinasi di daerahnya," ujar Gubernur Provinsi Kepri H. Ansar Ahmad. 

Selanjutnya, dalam kesempatan tersebut Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si. mengatakan, seperti diketahui tugas utama, PR bersama adalah untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 terutama di wilayah Kepri yang saat ini meningkat drastis.

"Kami, TNI dan Polri sangat siap untuk membantu pemerintah di wilayah Provinsi Kepri dari tingkat Provinsi hingga tingkat terbawah Lurah dan Desa," tegas Kapolda Kepri.

Permasalahan saat ini, jelas Kapolda Kepri, meningkatnya penyebaran Covid-19 karena salah satu faktor, dimana pasien positif bergaul dengan anggota keluarga dan tidak isolasi pada tempat khusus, sehingga menularkan kepada anggota keluarga lainnya.

"Disamping itu juga perlu diperhatikan kebutuhan harian pasien positif Covid-19, terutama yang karantina mandiri agar terpenuhi, sehingga tidak keluar tempat isolasi untuk memenuhi kebutuhannya," tutur Irjen Pol Dr. Aris Budiman. 

Untuk memaksimalkan penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Kepri, Kapolda meminta agar PPKM diaktifkan kembali secara maksimal, karena PPKM sangat berperan besar dalam penanganan Covid-19.

"Menurut saya, di Wilayah Kepri sudah mengalami penurunan kampanye terkait 3M, tetapi kita sudah berhasil dalam berkampanye pemakaian masker, namun kita belum berhasil mengkampayekan seperti menjaga jarak dan mencuci tangan," jelas Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman.*

(Rianto/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button