Sosialisasikan Bangga Kencana, Pemkab Gelar Grand Final Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Tabanan Tahun 2021

Sabtu, 22 Mei 2021, 5/22/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan – Dalam rangka sosialisasi program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Tabanan melaksanakan Grand Final Pemilihan Duta Genre Tingkat Kabupaten Tabanan Tahun 2021 di Kantor Bupati Tabanan, Jumat, (21/5).

Kegiatan ini dihadiri Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati bidang Pemasyarakatan dan SDM I Made Sudarya, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih selaku Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Tabanan.

Nampak hadir pula Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali Agus Putro Proklamasi, beserta Duta GenRe Indonesia dan Forum GenRe Provinsi Bali.

Kegiatan ini bertujuan agar kalangan remaja memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial, sehingga duta GenRe yang terpilih nantinya mampu menjadi contoh dan figur teladan bagi remaja lainnya terutama dalam membangun kesiapan berkeluarga.

“Pemilihan duta-duta GenRe merupakan suatu ajang pemilihan remaja, putra dan putri, guna bekerjasama dengan BKKBN yang kemudian bersama-sama mempromosikan program Genre yang mencakup Pendewasaan Usia Pernikahan atau PUP, Kesehatan Reproduksi Remaja atau disingkat TRIAD KRR dan PIK atau Pusat Informasi Konseling” jelas Staff Ahli Pemasyarakatan dan SDM dalam sambutannya.

Ia juga menjelaskan, bahwa pemilihan Duta Genre merupakan upaya untuk memberikan edukasi dan wawasan kepada generasi muda tentang Kesehatan reproduksi, serta menciptakan kalangan remaja yang bebas NAPZA, Sex bebas, pernikahan dini dan HIV/AIDS. Sehingga bisa tercipta generasi berencana yang berkualitas sehat, cerdas dan ceria.

Beberapa tahap harus dilakukan oleh 9 orang total peserta dari kelompok PIK-R yang ada di Kabupaten Tabanan, termasuk pelaksanaan 1 week challenge, pembekalan materi, tes tertulis, pembuatan vlog dan foto profil.

I Putu Arya Aditya Utama, selaku Duta Genre Indonesia 2019 berharap Duta Genre yang nantinya terpilih tidak hanya menjadi competitor namun juga menjadi contributor, pembudayaan remaja di Tabanan dan dapat turut serta mencapai Tabanan Era Baru Yang Aman Unggul Dan Madani (AUM). 

(Agung DP/Iskandar)


TerPopuler

> Whatsapp-Button