Uji Kemampuan Fisik, Kodim 1509/Labuha Tes Samapta Periodik Semester 1 TA 2021

Kamis, 20 Mei 2021, 5/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Halsel - Prajurit Kodim 1509/Labuha melaksanakan tes kemampuan fisik dalam bentuk Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik Semester 1 TA 2021, yang diselenggarakan di Lapangan Makodim Jalan Sapta Marga, Kampung Makian, Kecamatan Bacan Selatan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Kamis (20/5/21).

Tes Kesegaran Jasmani merupakan Program TNI-AD yang rutin dilaksanakan setiap semester, dengan tujuan mengecek hasil pembinaan fisik oleh setiap satuan masing-masing, dan langsung menguji kemampuan fisik Personil Kodim 1509/Labuha oleh Tim Jasmani Korem 152/Babullah.

Tim Jasmani Korem 152/Babullah sengaja mendatangi Kodim 1509/Labuha untuk menjalankan program uji kemampuan fisik prajurit, sehingga didapatkan hasil real di lapangan untuk dilaporkan ke Jasmani Kodam XVI/Pattimura, 

Tes Samapta ini merupakan program rutin yang dilaksanakan orang setiap prajurit, dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI-AD khususnya Kodim 1509/Labuha, sehingga dalam menjalankan tugas pokok bisa berjalan dengan  maksimal dan lancar.

Dalam pelaksanaan uji kesegaran jasmani tetap menerapkan Prokes Covid 19. Sebelum pelaksanaan uji kesegaran jasmani setiap personil Kodim 1509/Labuha yang melaksanakan uji kesegaran jasmani diwajibkan melakukan pendaftaran dengan mengisi blangko ceklis, pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan Puskesmas Labuha, sebelum dinyatakan Layak mengikuti uji kemampuan fisik. 

Setelah dinyatakan layak mengikuti, maka setiap personil mengikuti rangkaian kegiatan uji kesegaran jasmani, seperti pemanasan untuk mencegah cidera saat pelaksanaan kegiatan uji kesegaran jasmani. Setelah itu, peserta uji kesegaran jasmani melaksanakan Kesamapta A dan B.

Kesamaptaan jasmani A meliputi lari selama 12 menit, dan Samapta B Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 nenit dan Lunges dan Shuttle Run. Selanjutnya dilakukan tahapan ketangkasan jasmani, seperti renang sepanjang 50 meter, 

Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Untung Prayitno, S.I.P., M.Han. mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para personil, dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI-AD terutama di wilayah Kodim 1509/Labuha, dan dinyatakan siap untuk berdinas secara maksimal dan efisien. 

"Tes Kesegaran Jasmani ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI-AD khususnya prajurit Kodim 1509/Labuha, serta menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat, maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainnya," ujar Dandim. 

Untuk itu, Kodim 1509/Labuha selalu melakukan pembinaan fisik secara teratur dan berjenjang, dan wajib diikuti oleh setiap personil Kodim 1509/Labuha.

Dandim 1509/Labuha juga menekankan kepada seluruh personil yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakan dengan serius.

"Tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri," tutupnya.*

(H.M) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button