Warga Desa Sidoarjo II Ramunia Berharap Ada Pembangunan Drainase di Daerahnya

Minggu, 23 Mei 2021, 5/23/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Deli Serdang - Jika diartikan, drainase adalah prasarana yang berfungsi mengalirkan kelebihan air dari satu tempat ke tempat lain, misalnya wadah air, baik yang alamiah maupun buatan.


Kelebihan air kemudian dilanjutkan menuju laut, sungai, danau, sumur dan saranan resapan lainnya. Untuk itu, diperlukan sistem drainase yang baik, khususnya di kawasan yang ramai penghuni seperti perumahan maupun perkampungan.


Terkait ungkapan dari definisi drainase tersebut, banyak keluhan dan harapan dari sebagian kalangan warga, baik yang ada di kampung maupun diperkotaan yang menginginkan adanya saluran air yang layak, baik maupun yang selama ini tidak ada untuk segera diadakan.


Kali ini, dihadapan Kepala Dusun (Kadus) II Sindak Parningggotan Nainggolan dan Kepala Desa (Kades) Desa Sidoarjo II Ramunia Kamler Simbolon, S.E., warga Desa Sidorejo II Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara berharap dan memohon, agar segera dibuatkan drainase untuk aliran air di Desanya, Sabtu (22/05/21).



Dimana saat ini, warga Dusun II tersebut sangat menginginkan adanya drainase sepanjang 1 km kanan dan kiri di Jalan Lintas Pantai Labu, tepatnya di Desa Sidoarjo II Ramunia.


Pasalnya, sebagian besar wilayah Dusun tersebut sampai saat ini tidak memiliki drainase yang memadai.


Dihadapan para awak media, salah satu warga yang bernama Jarlis Silaen mewakili 67 Kepala Keluarga yang ada di Dusun II meminta serta memohon kepada pihak terkait untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi warga yang ada di Desanya.


Jarlis juga mengatakan, saat diadakan Musyawarah Dusun, tepatnya pada bulan 10 tahun 2020 lalu, warga Dusun II yang berjumlah kurang lebih 67 KK tersebut sangat menginginkan Drainase dibangun di Desa tersebut.


"Ketakutan kami itu di saat hujan turun, karena sering kebanjiran. Apabila hujan deras turun dalam kurun waktu 5 menit saja sudah banjir, bahkan air masuk ke rumah," ucap Jarlis.


Di waktu yang sama, Kepala Desa Sidorejo II Kamler Simbolon, S.E. juga menyampaikan, bahwa pihaknya berharap pihak-pihak yang berkompeten dan Kecamatan Beringin segera merealisasikan mimpi dirinya dan warganya.



Dimana saat ini, ia dan warganya sangat berharap besar kepada pihak yang berkompeten memahami keresahan warganya. Menurut Kamler, sejak awal ia menjadi Kepala Desa, belum pernah ada pembangunan drainase di desanya.


"Kami telah melakukan usaha semaksimal mungkin, agar impian warga saya terwujud, termasuk usahanya mengikuti Musrenbang dan menyurati pihak terkait pada tahun 2019, namun belum juga ada tanda-tanda yang positif," ujar Kamler Simbolon.


"Waktu itu juga pernah pihak terkait mengukur sisi kanan dan kiri calon drainase yang akan di bangun, tapi hingga saat ini keinginan dan harapan serta mimpi yang dinantikan warga tak kunjung menjadi kenyataan," tambahnya.


Sindak Parninggotan Nainggolan, selaku Kepala  Dusun II juga menambahkan, atas dasar permohonan tersebut, ia dan warganya meminta agar secepatnya ada pembangunan drainase di tahun 2021 ini untuk Desa khusunya Dusun yang dipimpinnya.


"Pasalnya, setiap kali hujan turun dengan derasnya, rumah kami terus dimasuki air hujan yang mengalir dari aspal jalan yang datarannya lebih tinggi dibandingkan lantai rumah warga. Jika ada drainase, air pasti mengalir ke parit, bukan ke rumah kami," ucap Sindak mengakhiri.*


(R. Anggi)

TerPopuler

> Whatsapp-Button