Bersama Forkopimda, Walikota Ikuti Upacara Harlah Pancasila Secara Virtual

Tuesday, June 1, 2021, 15:33 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | P. Sidimpuan - Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, S.H., bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari Aula Utama Kantor Walikota Padangsidimpuan,
Selasa (1/6/2021).

Terlihat hadir bersama Walikota, yakni Wakil Walikota Ir. H. Arwin Siregar, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Juliani Prihartini, Dandim 0212 /TS Letkol Inf. Root Chandra Sihombing, Sekdako Letnan Dalimunthe, S.K.M., mewakili Kejari Kasi Intel Sonang Simanjuntak, mewakili Danyon 123/RW Dankima Kapten Inf Dani Cahaya Nugroho, Asisten dan beberapa OPD ( Organisasi Perangkat Daerah) Kota Padangsidimpuan. 

Sebagaimana diketahui, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipusatkan di halaman Gedung Pancasila di Jakarta. Bertindak sebagai Inspektur upacara Presiden RI Joko Widodo.

Sementara, pembacaan Pancasila dilakukan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, dan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani.


Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengemukakan, nilai-nilai luhur Pancasila harus dihadirkan secara nyata dalam kehidupan dan menjadi nilai-nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan.

Menurutnya, di era globalisasi, tantangan Pancasila tidaklah semakin ringan. Diantaranya yang harus diwaspadai adalah semakin meningkatnya rivalitas dan kompetisi nilai-nilai, pandangan dan ideologi transnasional.

Untuk menghadapi semua itu, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila diperlukan cara-cara yang luar biasa, dengan memanfaatkan kemajuan pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, kata Presiden, Pancasila harus menjadi pondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang berkeIndonesian.*

(Iwan)

TerPopuler