Bupati Siak Minta Warga Lebih Produktif di Musim Pendemi Covid-19

Minggu, 06 Juni 2021, 20:21 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Bupati Siak Drs. H. Alfedri melakukan panen semangka di Kampung Merempan Hilir Kecamatan Mempura, Minggu (6/6/2021).


Panen buah semangka ini dilaksanakan di kebun milik Kelompok Tani Anugrah, dengan keluasan lahan mencapai 3 hektar.


"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan panen semangka di lahan milik Kelompok Tani Anugrah Kampung Merempan Hilir. Kebun semangka ini merupakan program Baznas Kabupaten Siak, pola usaha produktif. Lahan yang disiapkan sekarang ada 3 hektar,  yang di pakai untuk tanam semangka 1 hektar," ujar Alfedri.


Dari luasan lahan yang disiapkan, jelas Bupati, dengan kisaran hasil yang di dapat para petani perhektar untuk pertahunnya mencapai Rp. 210 juta.


"Buah Semangka ini perhektarnya bisa menghasilkan 20 ton. Jika harga di masyarakat Rp  3500/kilo, itu bisa mencapai 70 juta hasilnya dalam kurun waktu lebih kurang 3 bulan. Jika setahun bisa 3 kali panen 70 juta x 3 = 210 juta/tahunnya, jauh lebih besar hasilnya dari sawit," sebutnya.


Ia juga mengharapkan, di tengah maraknya pendemi Covid-19 sangat berdampak terhadap sektor ekonomi, sehingga masyarakat di tuntut produktif dalam mencari peluang baru yang dapat menopang ekonomi keluarga.



"Kita mendorong bagi warga masyarakat di tengah wabah Covid 19 ini, harus produktif terutama budidaya tanaman holtikultura dan palawija, agar ini tersedia di daerah, sehingga kita tidak mendatangkan dari daerah luar Siak," ujarnya.


Usaha produktif yang dilakukan para petani Anugrah saat ini adalah, upaya untuk mengangkat ekonomi masyarakat pra sejahtera yang ada di Kabupaten Siak.


"Tahun ini melalui program Siak Sejahtera, Baznas Siak menyiapkan dana 1 Milyar di peruntukan bagi usaha UMKM (usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk 2 kampung satu Kecamatan se Kabupaten Siak. Jadi ada 28 kampung yang akan menerima manfaat usaha produktif dari Baznas," terangnya.


Ketua Kelompok Tani Anugrah Eri Yanto mengatakan, lahan yang di tanam semangka saat ini, termasuk dataran rendah, ketika musim hujan, kebun semangka sempat terendam.


"Kami meminta bantuan kepada Pak Bupati, agar dibuatkan parit, supaya air mengalir. Alhamdulillah alat berat Pemda datang dan melakukan penggalian parit," kata Eri.


Momen kedatangan Bupati ke kebun semangka dimanfaatkan oleh Eri untuk meminta bantuan traktor untuk penghancur tanah, agar mempermudah penanaman selanjutnya.


"Kami saat ini butuh traktor tangan, biar cepat dan mempermudah kerja," harapnya dihadapan Bupati Siak.*


(Gunawan. S)

TerPopuler