Kasdam Pimpin Melalui Zoom Meeting Terkait Kegiatan Teritorial dan Operasi Kodam IX/Udayana

Jumat, 04 Juni 2021, 6/04/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Denpasar - TNI berasal dari rakyat dan berjuang bersama-sama rakyat. Ini yang mendasari Kodam IX/Udayana yang merupakan bagian dari Institusi TNI untuk selalu dekat dan terus berupaya membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

Untuk memastikan berbagai kegiatan baik yang menjadi program dari Komando Atas maupun kegiatan non program Kodam IX/Udayana yang diinisiasi oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., pada Rabu (3/6/2021) Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., memimpin rapat melalui Vidcon di ruang kerjanya (Makodam IX/Udayana, Denpasar) yang diikuti oleh para Kasrem, para Asisten Kodam dan para Dandim Jajaran Kodam IX/Udayana di ruang kerja satuan masing-masing.

Rapat melalui zoom meeting yang mengagendakan tentang kegiatan teritorial dan kegiatan operasi tersebut, dalam sambutannya Kasdam IX/Udayana menyampaikan bahwa dalam kegiatan non program Kodam IX/Udayana yang dilaksanakan ini sangat penting juga, karena berkaitan dengan kegiatan Kodam IX/Udayana dalam membantu kesulitan rakyat di sekitarnya yaitu baik di bidang teritorial maupun bidang operasi.

Seperti pada kegiatan teritorial dalam hal ini menyangkut tentang Pompa Hidram, Plasma Ayam dan Tanaman Porang yang dilakukan oleh Kodim-kodim Jajaran Kodam IX/Udayana. Untuk kegiatan operasi berkaitan dengan pelibatan TNI dalam penerapan PPKM bersekala Mikro dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19.

Untuk itu, diharapkan masing-masing Kodim sebagai pelaksana di lapangan supaya melakukan semua kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Inilah wujud nyata kegiatan TNI AD atau Kodam di lapangan, karena bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat. 

“Oleh sebab itu, para Dandim supaya melakukan kegiatan ini dengan sepenuh hati, fokus dan maksimal sesuai dengan tugas-tugas kita sebagai TNI”, tegas Kasdam.

Kepada para Dandim khususnya, dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa diambil misalnya dalam pemasangan/pembuatan Pompa Hidram termasuk dalam mengoperasionalkannya.

Seperti apa yang disampaikan oleh Pangdam IX/Udayana, bahwa bagi wilayah-wilayah atau pun Kodim-kodim yang mungkin di daerahnya masih ada dibutuhkan terkait ketersediaan air atau masih ada titik-titik sumber air yang perlu untuk dipasang Pompa Hidram. Dengan pengalaman yang didapat, para Dandim bisa melakukan kegiatan tersebut dengan bekerjasama kepada pihak-pihak setempat seperti Pemda ataupun badan-badan lain yang bisa mendukung kegiatan tersebut. 

Intinya adalah bisa membantu masyarakat yang ada di wilayahnya terutama dalam mengatur dan mengelola setiap kegiatan yang dilaksanakan, termasuk juga dalam hal beternak Ayam maupun Tanaman Porang sampai dengan pemasarannya, sehingga masyarakat akan terus tertarik dan menjadi berkembang.

"Demikian juga pada kegiatan operasi terkait pemberlakuan PPKM Mikro yaitu bagaimana menertibkan masyarakat maupun mencegah masyarakat berkerumun supaya bisa terhindar dari pandemi Covid-19 yang lebih besar, seperti bersama-sama baik dengan Tokoh Agama, Tokoh Adat maupun Tokoh Masyarakat untuk mengedukasi masyarakat terkait penyebaran Covid-19," tutup Kasdam.*

(Arifin/Lilik)

Sumber : Kapendam IX/Udayana

TerPopuler

> Whatsapp-Button