Pemkab Simalungun Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual

Selasa, 01 Juni 2021, 6/01/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H. Zonny Waldi, S.Sos., M.M., didampingi Sekda Mixnon Andrean Simamora, S.I.P., M.Si., bersama sejumlah pejabat di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah dinas Wakil Bupati Simalungun Jalan Suri-Suri Rambung Merah, Kecamatan Siantar, Simalungun, Sumut, Selasa 01/06/2021.

Dalam mengikuti upacara tersebut, Wakil Bupati bersama undangan terbatas lainnya mengenakan pakaian adat Simalungun dan menjalankan protokol Kesehatan.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 secara nasional dilaksanakan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara. 


Sebagai Perwira Upacara Brigjend TNI Novi Helmi Prastya (Ka.Staf Komando Garnisun Tetap Jakarta), dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Inf. Muhammada Imam Gogor (Asisten Operasi Pasukan Pengaman Presiden). 

Mengheningkan Cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Pembacaan UUD 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani dan do’a dipimpin oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dilaksanakan secara virtual. 

Sedangkan untuk peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, tenaga kesehatan dan pelajar dengan menjalankan protokol kesehatan.

Presiden RI Joko Widodo dalam amanatnya antara lain mengatakan, bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dikokohkan dengan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

"Tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah ringan, globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus kita waspadai adalah rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, antar nilai-nilai dan antar ideologi. 


Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembang ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang berkeindonesiaan. Seluruh aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tenaga pendidik dan kaum professional, generasi muda dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan. 

Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," demikian amanat yang dibacakan langsung Presiden RI Joko Widodo. 

Usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Wakil Bupati Simalungun H. Zonny Waldi, S.Sos., M.M. mengatakan, bahwa Pancasila harus dijadikan pandangan hidup masyarakat Indonesia, juga sebagai kepribadian bangsa terutama sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Kita jadikan Pancasila itu sebagai pandangan hidup kita sehari-hari, untuk meningkatkan keimanan kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan dirangkaikan dengan sila-sila yang lainnya. Sehingga, kebhinekaan menjadi satu kesatuan yang kokoh dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," kata Wabup.


Kepada generasi muda, kaum milenial Wabup menghimbau, agar Pancasila itu dijadikan pakaian sehari-hari. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa itu harus diejawantahkan (diwujudkan) dalam kehidupan sehari-hari.

"Artinya kita pakai Pancasila ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Sila pertama dalam Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Orang yang rajin beribadah saya yakin tidak melakukan perilaku yang buruk, karena di manapun kita berada selalu diawasi oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga butir-butir Pancasila dapat kita laksanakan dengan baik, karena kita adalah makhluk ciptaan Tuhan yang saling sayang menyayangi. Dengan demikian intoleransi, adu domba, curiga mencurigai antar sesama akan hilang," pinta Wabup.

Selanjutnya Wabup mengajak kepada seluruh masyarakat Simalungun, dengan peringatan hari kelahiran Pancasila, untuk bersama-sama membangun semangat kebersamaan.

"Seperti yang disampaikan Bapak Bupati Simalungun, semangat kegotong-royongan kita bangun bersama dalam suasana kebatinan yang baik, aman dan tentram untuk mewujudkan Simalungun yang sejahtera," ujarnya.*

(PN/Humas)

TerPopuler

> Whatsapp-Button