Pemkab Simalungun Serahkan Sarana Pengelolaan Sampah ke Kecamatan

Monday, June 7, 2021, 15:05 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Untuk mendukung pengelolaan sampah di kecamatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menyerahkan sarana pendukung di sejumlah kecamatan. 

Adapun jenis sarana pengelolaan sampah yang diserahkan ke kecamatan, yakni dump truk sampah kapasitas 6 m³ sebanyak 3 unit, yang diserahkan kepada Kecamatan Tanah Jawa,  Dolok Panribuan dan Tapian Dolok. 

Selain itu, sarana pengelolaan sampah berupa arm roll truk sampah kapasitas 6 m³ sebanyak 2 unit, dan diserahkan kepada Kecamatan Bandar serta Girsang Sipangan Bolon. 

Selanjutnya, sarana pengelolaan sampah berupa kontainer arm roll truk sampah kapasitas 6 m³ sebanyak 4 unit juga diserahkan kepada Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Bandar dan Dolok Panribuan.

Di samping itu, ada juga sarana pengelolaan sampah berupa motor sampah roda tiga sebanyak 12 unit, yang diserahkan kepada Kecamatan Panombeian Panei sebanyak 4 unit,  Silou Kahean 4 unit dan Raya Kahean sebanyak 4 unit. 


Sarana pengelolaan sampah selanjutnya yang diserahkan ke kecamatan berupa gerobak pilah berkapasitas 0,3 ton sebanyak 10 unit, sarana ini diserahkan kepada kecamatan Raya sebanyak 1 unit,  Dolok Pardamean 6 unit,  Silimakuta 1 unit dan Ujung Padang 2 unit. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun Dra. Mislaini Saragih di Pamatang Raya, Senin (7/6/2021) mengatakan, bahwa sarana pendukung pengelolaan sampah telah diserahkan seluruhnya kepada pihak kecamatan. Diharapkan dengan sarana ini, nantinya dapat meningkatkan kualitas pelayanan persampahan demi lingkungan yang bersih dan sehat. 

Dikatakannya, bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun ini memberikan DAK Fisik buat Kabupaten Simalungun untuk pengadaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah.

Oleh karena itu, Mislaini mengharapkan kepada pihak kecamatan untuk merawat sarana ini seperti milik sendiri, agar pelayanan pengelolaan sampah di Simalungun dapat terlaksana dengan baik. 

"Rawatlah mobil ini seperti milik sendiri, supaya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan pengelolaan sampan di Kabupaten Simalungun," katanya.*

(PN)

TerPopuler