Bahas Karhutla, Kapolsek Tebing Tinggi Gelar Rakor Bersama Distrik VI PT. WKS

Rabu, 21 Juli 2021, 7/21/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Kapolsek Tebing Tinggi didampingi Anggotanya melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Distrik VI PT. WKS terkait Pengecekan Peralatan Karhutla karena memasuki musim kemarau, Rabu (21/7/2021).


Bertempat diruang RPK (Regu Pengendalian Kebakaran) Distrik VI PT. WKS, Kapolsek Tebing Tinggi Iptu Windy Triyas Kumoro, S.H., yang didampingi oleh Ps. Kanit Intelkam Aipda Rustoyo, Ps. Kanit Propam Bripka Subani, BKTM Kelagian Aipda Nicolas Tampubolon.


Pihak Distrik VI PT. WKS, yaitu Humas Distrik VI PT. WKS Muklis, Staf RVC Arpani, Februari Gulo dan Saifudin, Tim IT RPK Dedi Mizwar beserta Staf.


Berdasarkan pemantauan dari Layar FDR (Fire Danger Racing System), saat ini seluruh lahan HTI Distrik VI PT. WKS berwarna Kuning, dengan kategori rawan karhutla dan ada sebagian wilayah sekitar camp distrik VI berwarna Merah, dengan kategori sangat rawan karhutla. Dikarenakan, di daerah tersebut ± 8 hari tidak turun hujan.


"Karena cuaca sudah memasuki musim kemarau, kita cek kesiapan mulai dari embung air, peralatan dan satgas peduli api. Karena di Kecamatan Tebing Tinggi, selain lahan mineral juga terdapat lahan gambut yang rawan terbakar," ujar Kapolsek.


Hasil dari kegiatan rapat, ada beberapa poin yang disepakati, yakni :


1. Untuk lahan HTI Distrik VI PT. WKS ada beberapa wilayah yang masuk Kecamatan Tebing Tinggi, seperti Sei. Baung, Kelagian Baru, Rantau Panjang Desa Kelagian yang merupakan lokasi lahan gambut yang rawan terjadinya Karhutla.


2. Karena saat ini telah memasuki musim kemarau, maka Distrik VI PT. WKS telah mengaktifkan pos pantau yang ada di Dusun Rantau Panjang Desa Kelagian dan dibuat regu piket dari MPA (Masyarakat Peduli Api), dari Desa sekitar sebanyak 4 orang setiap hari. Dengan telah distandbykan peralatan Mini Stacker, nozel dan selang 5 gulung, dalam rangka penanganan awal apabila terjadi Karhutla.


3. Telah dilaksanakan pengecekan di room station dan terdapat beberapa peralatan sbb :
- Layar pantau CCTV untk memantau titik apa dengan jangkauan radius ± 5 KM.
- Layar FDR (Fire Danger Racing System) untk memonitor tingkat kerawanan karhutlah (Biru, Hijau, Kuning dan Merah).
- Layar FROS (Fire Report Online System) untuk mendeteksi Hostspot dan penginfutan data kebakaran langsung dimonitor Manajemen Jakarta.
- Layar windy.com untuk mengukur prediksi cuaca per jam/hari;
- Layar Vantage Bulletin untk mengukur kesepakatan angin dan memonitor suhu.


4. Dilaksanakan pengecekan perlengkapan peralatan penanganan karhutlah di gudang RPK, untuk peralatan yang tersedia telah memenuhi kebutuhan apabila terjadi karhutlah diwil HTI dan Lahan masy sekitar Distrik VI PT. WKS.


"Marilah kita bahu-membahu mempersiapkan segala kemungkinan, dan semoga tahun ini dapat diantisipasi serta tidak terjadi Karhutla," himbau Kapolsek Iptu Windy.*


(DN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button