Ibadah Kurban Tahun 1442 H, Warga Kodam IX/Udayana Bagikan 1.620 Kantong Daging Kurban

Wednesday, July 21, 2021, 18:24 WIB
Oleh Arifin Soeparni

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M bertepatan dengan tanggal 10 Dzulhijjah 1442 H, warga Kodam IX/Udayana melaksanakan Ibadah Kurban dengan menyembelih sebanyak 39 ekor Hewan Kurban dilingkungan Asrama Sudirman, Denpasar, pada Rabu (21/7/2021).

Dalam pelaksanaannya ditandai dengan penyerahan Hewan Kurban secara simbolis oleh Pangdam IX/Udayana kepada Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, mohon maaf lahir dan bathin. 

Ditengah kondisi Covid-19 ini, mari kita harus selalu mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sampai saat ini kita masih diberikan kesehatan. Terkait Ibadah Kurban yang dirayakan setiap satu tahun sekali, kalau kita melihat maknanya adalah mengingatkan kembali, tapi perjalanan sehari-harinya jangan kita menunggu tahun depan kembali. Dimana kalau kita memang ada rejeki, teruslah kita berbagi.


"Dihadapkan pada situasi saat ini juga, banyak saudara-saudara kita yang sangat memerlukan bantuan dan mudah-mudahan apa yang kita kerjakan ini dapat sedikit bermanfaat serta mungkin kedepan kita ada program-program lagi supaya bisa lebih spesifik ke masyarakat," jelas Pangdam.

"Mudah-mudahan juga, nanti kita bisa bikin program sedikit-sedikit seperti apa yang sudah dilakukan Kodam IX/Udayana tentang air bersih yang sampai saat ini masih terus berjalan dan di Bali khususnya sudah ada 9 titik. Dimana masyarakat yang dulunya jauh untuk mengambil air dan bahkan harus membeli, sekarang tidak perlu lagi membeli dan bisa lebih mudah untuk mendapatkan air," tutup Pangdam.

Selaku Ketua Panitia Ibadah Kurban Masjid Agung Sudirman, Mayor Inf H. Nur Hidayat, S.Ag., melaporkan bahwa Panitia Kurban yang terlibat dalam pelaksanaannya berpedoman pada Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.


Untuk penerimaan Hewan Kurban dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 17 sampai dengan 19 Juli 2021 dengan hasil : 9 ekor Sapi dan Kambing sebanyak 30 ekor yang nantinya akan disalurkan sebanyak 1.620 kantong daging kepada masyarakat lingkungan Asrama Sudirman dan sekitarnya serta ke Yayasan/Panti Asuhan.

Selain itu juga disampaikan, bahwa kegiatan pemotongan dan penyaluran Hewan Kurban tetap menerapkan Prokes yaitu menggunakan masker, pembatasan masyarakat yang hadir khusus panitia saja, dan untuk penyaluran daging kurban akan diantar langsung oleh panitia, baik kepada masyarakat maupun Panti Asuhan yang telah terdaftar.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Ketua dan Pengurus Persit KCK PD IX/Udayana serta perwakilan para Dan/Kabalakdam IX/Udayana.*

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler