Ikuti Jukrah Kapoldasu, Kapolres dan Forkopimda Simalungun Ikuti Apel Kesiapan Vaksinator Tambahan Secara Virtual

Sabtu, 10 Juli 2021, 7/10/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Dalam melaksanakan Petunjuk dan Arahan (Jukrah) dari Kapolda Sumatera Utara Irjen. Pol. Drs. RZ. Panca Putra S, M.Si., Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., bersama AKBP Nicolas Dedi Arifianto, S.H., S.I.K., M.H. dan Forkopimda Kabupaten Simalungun mengikuti pelaksanaan Apel Kesiapan Vaksinator Tambahan Polda Sumut sejajaran secara virtual menggunakan Aplikasi Zoom meeting, Sabtu (10/7/2021) pagi sekira pukul 10.00 Wib di Lapangan Polres Simalungun.

Kegiatan apel itu dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra S, M.Si. dan dikuti Gubernur Sumut H. Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB (diwakili), para pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Vaksinator tambahan di Mapolda Sumatera Utara, serta diikuti Polres se jajaran Polda Sumut secara Virtual.

Tampak mengikuti kegiatan, Forkopimda Kabupaten Simalungun, Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H. Zonny Waldi Bahrias, S.Sos., M.M., Dandim 0207/SML Letkol diwakili Danramil 06/PDG SML Kapten Arm I.E Tampubolon, Kajari Simalungun diwakili Kasi Intel Ratno Pasaribu, S.H. dan Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani.

Kemudian Wakapolres Simalungun Kompol Efianyo, S.H., M.H., Kabag Ops Kompol Suriyanto, S.T., S.H., M.H., Kasat Intelkam AKP Restuadi, S.H., Rektor USI Dr. Corry Purba, M.Si., Kadis Kesehatan Simalungun Dr Lidia Saragih, M.Kes., Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Akmal Siregar, Kepala Puskesmas (Kapus) se Kabupaten Simalungun, Paurkes Polres Simalungun dr. Siro Venesia Banjarnaor, Kabid Administator KEK Sei Mangkei Bob Fresli Saragih, Sekwan Simalungun S.M.L., Simangunsong, Kabag SDA Ramadani Damanik serta para Vaksinator tambahan dari Mahasiswa/i Universitas Simalungun (USI).

Dalam rangkaian kegiatan, Kapolda Sumut memimpin hening cipta bersama untuk mendoakan para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang gugur dalam melaksanakan tugas dan masyarakat yang menjadi korban Covid-19 serta mendoakan agar Pandemi Covid-19 di Indonesia cepat berakhir.

Selanjutnya, Kapolda memaparkan situasi terkini, dimana pada akhir pekan ini semakin banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19, hal itu terlihat dari laporan angka-angka yang terkonfirmasi dengan grafik meningkat dengan signifikan.

Melihat situasi tersebut, sehingga Kapolda Sumut mengambil kebijakan dengan berkordinasi dengan Pemprov Sumut serta Dinas Kesehatan Sumut untuk melakukan Apel Kesiapan Vaksinator tambahan, guna mendukung tenaga Vaksinator melakukan Vaksinasi Massal yang di rekrut dari golongan Pokdar Kamtibmas, Elemen Masyarakat dan Mahasiswa, dengan terlebih dahulu dilakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikasi dari Dinkes Provsu.

Hal itu juga dirangkaikan dengan tetap melakukan penegakan hukum serta Ops Yustisi, untuk mengawasi Protokol Kesehatan (Prokes) serta penerapan PPKM Mikro berdasarkan Zonasi Penyebaran Covid-19 di Wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu, Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Elemen Masyarakat dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang telah mendukung Vaksinasi massal tersebut, sehingga sampai akhir ini masih berjalan dengan aman dan lancar.

"Diharapkan Polres jajaran mengajak para golongan Pokdar Kamtibmas, Elemen Masyarakat dan Mahasiswa untuk tetap bersinergi dalam pelaksanaan Vaksinasi massal ini, sehingga Pandemi Covid-19 dapat diatasi bersama," pungkas Irjen. Pol. Drs. R. Z. Panca Putra. 

Menindaklanjuti kebijakan pimpinan tersebut,  Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo, S.I.K., bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dan TNI menyiapkan tenaga Vaksinator tambahan sebanyak 300 orang, yang di rekrut dari golongan Poldar Kamtibmas, Elemen Masyarakat dan Mahasiswa dengan terlebih dahulu dilakukan pelatihan.

"Apel kesiapan Vaksinator tambahan ini di Polres Simalungun diikuti 40 Vaksinator Tambahan, untuk menghindari kerumunan massa. Kegiatan ini tetap berlangsung dengan mematuhi Prokes," kata Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo. 

Dalam kesempatan ini, dirinya juga berterimakasih kepada para Tenaga Kesehatan yang selama ini sudah dapat bersinergi dan membantu pihak Kepolisian Resor Simalungun, dalam melaksanakan Vaksinasi massal kepada masyarakat.

Berhubung dengan akan berakhirnya masa Dinasnya menjadi Kapolres Simalungun, dirinya juga memohon doa restu untuk melanjutkan tugasnya di tempat yang baru, yakni Bareskrim Polri.

"Untuk itu kami mohon diri kepada rekan-rekan tenaga kesehatan yang ada di Wilayah Kabupaten Simalungun. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan Rahmat-NYA kepada kita semua, dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, Bangsa dan Negara," pungkas AKBP Agus Waluyo.*

(PN)

TerPopuler

> Whatsapp-Button