Kasat Intel Monitoring Malam Takbiran Idul Adha 1442 Hijryah di Wilkum Polres Karangasem

Monday, July 19, 2021, 22:50 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Karangasem - Terkait adanya Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat se Jawa-Bali, kegiatan malam Takbiran Rari Raya Idul Adha di imbau untuk ditiadakan, Senin (19/07/2021).

Merujuk Surat Edaran (SE) dari Kemenag No.SE: 17 tahun 2021 pada huruf e poin 2 yang berbunyi, "Malam Takbiran dan Shalat Hari Raya Idul Adha Penyelenggaraan Malam Takbiran di masjid/mushalla, takbir keliling, baik dengan arak-arakan berjalan kaki maupun dengan arak-arakan kendaraan, dan Shalat Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M di masjid/mushola yang dikelola masyarakat, instansi pemerintah, perusahaan atau tempat umum lainnya ditiadakan. 

Di seluruh Kabupaten/Kota dengan level asesmen 3 dan 4 yang diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, untuk wilayah Bali sesuai kesepakatan tokoh agama Islam di Polda Bali dan Surat terbaru dari Sekda Kabupaten Karangasem Selaku Kepala Sekretariat satgas penanganan Covid19 Kabupaten Karangasem.

Dimana giat Shalat Ied nanti menyesuaikan dengan SE dari Kementrian agama dan kesepakatan tokoh Muslim dengan Polda Bali, yang intinya untuk Kabupaten/Kota di Bali secara keseluruhan meniadakan Sholat Ied di Masjid walaupun masjid tidak ditutup.


Terkait dengan Surat Edaran (SE) dari Kemenag No.SE : 17 tahun 2021 pada huruf e poin 2 diatas,  pukul 19.00 Wita Kasat Intel Iptu I Nengah Simpen, S.H. melaksanakan monitoring Malam Takbiran, dalam rangka rangkaian kegiatan Idul Adha 1442 H di sejumlah Masjid Kabupaten Karangasem.

Adapun Masjid yang dimonitoring adalah Masjid Al Ikhlas, Lingkungan Belong, Kelurahan  Karangasem dengan kuat Pers Polri 9 orang, dipimpin Padal Ipda I Made Lingga. 

Nihil melaksanakan malam takbiran Masjid Al Mukhlisin, Lingkungan Karangsokong, Kelurahan Subagan dengan kuat Pers Polri 8 orang dipimpin  Padal Ipda I Gst Lanang Putu, S.I.P.

Nihil melaksanakan malam takbiran Masjid At Taqwa, Jalan Sudirman Amlapura dengan kuat Pers Polri 9 orang dipimpin Padal Ipda Cok Agung Yuda Kusuma, S.H. 

Nihil melaksanakan malam takbiran Masjid An Nur Jalan Diponegoro, dengan kuat Pers Polri  9 orang dipimpin Padal Ipda I Ketut Sara. Nihil melaksanakan malam takbiran Masjid Baiturahman Jalan Diponogoro Amlapura, dengan kuat Pers Polri 9 orang dipimpin Padal Ipda I Ketut Sudarsana, S.H.

Nihil melaksanakan malam takbiran Masjid Nurul Jihad Lingkungan Segara Katon Nihil giat malam Takbiran, dan kuat Personil melaksanakan Pam berjumlah 3 orang, dipimpin Kanit Intelkam Iptu I Komang Susiawan, S.I.P.

Masjid Ibnu Sina Lingkungan Dangin sema juga Nihil giat malam Takbiran, giat hanya melaksanakan sholat Isha. Kuat Pers yang Pam 4 orang dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Karangasem Iptu I Nyoman Surantika, S.H.

Kemudian Masjid Ar-Rahman Lingkungan Karangtohpati juga Nihil giat malam takbiran,  kuat Personil yang melaksanakan Pam berjumlah 3 orang, dipimpin Padal Panit Lantas Ipda I Ketut Sutawan, Masjid Al-Huda Lingkungan Telaga Mas juga Nihil giat Malam Takbiran, giat hanya melaksanakan sholat Isha. Kuat Personil yang melaksanakan Pam 4 orang, dipimpin Panit I Intelkam Ipda I Made Eka Suwarnaya, S.H.

Masjid se-Desa Bukit dilakukan Pengamanan oleh Bhabinkamtibmas Desa Bukit Aiptu I Wayan Pinda Manikam, bersama dengan Babinsa Nihil juga melaksanakan Malam Takbiran.

"Masjid se-Desa Tegallinggah Nihil melaksanakan Malam Takbiran, “Papar Kasat Intel kepada Mitra Humas.

Dikonfirmasi, kegiatan Umat Islam pada Masjid-masjid yang ada diluar Kota Amlapura seperti di Kecamatan Wilayah Hukum Karangasem, I Nengah Simpen menjelaskan, masjid yang ada di Kecamatan Manggis, yaitu Masjid Al Hikmah, Kampung Buitan Desa Manggis, Masjid Al Falah Desa Padangbai, terus yang di Kecamatan Sidemen.

Lalu Masjid Al Abror, Kampung Sindu, Desa Sinduwati, Masjid Al Assasut Taqwa, Kampung Sindu, Desa Sinduwati, dan Masjid yang di Kecamatan Bebandem yakni Masjid At Taubah, BD Lebah Sari, Desa Bungaya, Masjid Jami Baiturahim, BD Kecicang Islam, Desa Bungaya Kangin, Masjid Nurul Hayat, BD Saren Jawa, Desa Budakeling, semuanya nihil melaksanakan malam takbiran.

"Hal itu mengingat situasi kita masih dalam pandemi Corona Virus Disease 1. Jadi, seluruh Masjid yang ada di wilayah hukum Polres Karangasem kami monitor nihil melaksanakan kegiatan malam Takbiran," ujarnya menutup pembicaraan.*

(Agung DP/Iskandar/Hms)

TerPopuler