Kilas Balik 6 Tahun Bersama CCF (Climate Change Frontier)

Minggu, 11 Juli 2021, 7/11/2021 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Climata Change Frontier adalah sebuah komunitas yang Peduli Terhadap Lingkungan dan Kemanusiaan. Didirikan oleh Baskoro CCF pada tahun 2015. Banyak hal yang telah dilakukan oleh komunitas yang satu ini mulai dari mengurangi penggunaan plastik lewat Plastic Reduce Movement sampai pada selamatkan hutan Indonesia. Aksi mereka tidak hanya berada di Indonesia saja, namun sudah sampai ke negara2 lain seperti Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Dari sisi kemanusiaan mereka juga aktif turun dalam membantu sesama, seperti bantuan sosial untuk korban gempa dan juga CCF Food Rider dimana mereka membagikan makanan siap makan kepada keluarga pra sejahtera yang berada di pinggiran kota serta membagikan makanan tambahan untuk anak-anak sekolah. Aksi kemanusiaan inipun tidak hanya di lakukan di Indonesia namun juga di negara lain seperti Thailand.

Baskoro selaku Founder CCF mengatakan, sejak tahun 2015 kami telah berkomitmen untuk menjadi bagian dari sebuah perubahan tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Apa yang disampikan oleh Baskoro CCF ini pun bukan sekedar omong kosong belaka.

Jika di lihat dari perjalanan panjang gerakan mereka sejak tahun 2015, kita bisa melihat mereka juga aktif dalam beberapa gerakan internasional seperti Global Climate March tahun 2015 dimana mereka turun ke jalan sehari sebelum pelaksanaan Paris Global Climate Change Conference 2015 di Jakarta, Bali dan Penang Malaysia. Mereka juga pernah melakukan protes saat pelaksanaan G20 Summit 2019 di Jepang, dimana mereka mengajukan usulan untuk pembatasan ukuran penggunaan botol plastik," kata Baskoro, Minggu (11/7/2021).
                              

Begitu juga yang mereka lakukan di Indonesia, masih kata Baskoro, gerakan mereka terkait mengurangi plastik sudah dilakukan sejak tahun 2015. Dimulai dari Totebag Campaign, dimana mereka membagikan totebag secara gratis kepada masyarakat sebagai pengganti tas plastik, gerakan byesedotanplastik yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan sedotan plastik untuk para pelaku usaha seperti cafe, hotel, dan resto, sampai pada usulan terkait pembatasan ukuran botol plastik.

Tidak sampai disana saja, mereka juga bergerak dalam Selamatkan Hutan Indonesia, dimana mereka mengajak masyarakat untuk menjaga hutan di daerah mereka masing2. Salah satu yang telah mereka lakukan adalah membuat Persemaian Mandiri di Lereng G Arjuna. Bekerjasama dengan Cantigi Eco Adventure. 

Gerakan CCF di saat Pandemi Covid 19. Saat Indonesia dilanda Pandemi Covid 19, kejadian ini pun tidak menyurutkan mereka untuk tetap berbuat sesuatu bagi masyarakat. “Untuk sementara kami fokus membantu masyarakat dimasa pandemi ini. Karena kami melihat hal ini paling urgent yang harus didahulukan” imbuh Baskoro CCF.

Komunitas ini sudah turun membantu masyarakat dan pemerintah dalam melawan covid 19 sejak 16 Maret 2020. Mereka turun dalam Gerakan Satukan Hati Untuk Indonesia. Diawali dengan Sosialisasi Pencegahan Covid 19 sebagai media edukasi kepada masyarakat, Penyemprotan Disinfektan Mandiri CCF dimana target mereka adalah rumah warga.

Gerakan 100 Ribu untuk membantu para pedagang kecil pinggir jalan agar mereka dapat survive ditengah pandemi, Aksi Masyarakat Menuju Sehat, dimana mereka turun ke jalan membagikan ribuan masker serta melakukan edukasi Protokol Kesehatan, bahkan mereka melakukan aksi ini dengan berkeliling 14 kota di Jawa Timur dan sederet panjang aksi mereka yang lain ditengah pandemi.

Komunitas ini memang penuh dengan cerita dan aksi turun langsung ke masyarakat. Memasuki akhir tahun 2020 sampai hari ini, komunitas ini mengalihkan perhatiannya untuk membantu masyarakat dari sisi ekonomi. Baskoro CCF mengatakan bahwa masyaraskat sebenarnya lebih butuh sumber penghasilan dari pada bantuan sosial.

"Mereka tidak hanya bergerak dalam membantu umkm saja dari sisi promosi lewat UKM Digi CCF namun mereka membuat usaha-usaha baru untuk masyarakat agar mereka memiliki sumber penghasilan lewat Gerakan 1000 Usaha Mandiri CCF," tegasnya.

Mereka tidak hanya membantu bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat desa lewat Program Aksi Mitra Ekonomi Desa namun juga bergerak lewat Gerakan #2kuproduklokal untuk menumbuhkan kecintaan dan kebangaan atas produk buatan Indonesia.

"Tetap Berkarya dan Berbuat Kebaikan CCF. Selamat Ulang Tahun Yang Ke 6," tandas Baskoro.*

(suwaris)

TerPopuler

> Whatsapp-Button