Muscab Partai Amanat Nasional VI, Terselenggara di Kecamatan Tualang

Minggu, 04 Juli 2021, 7/04/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Siak - Pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk periode 2020-2025 dilaksanakan secara kolektif di Kecamatan Tualang, Minggu (04/07/21). 

Mucsab ini langsung dihadiri oleh Ketua DPW PAN Riau Drs. H. Alfedri, M.Si. beserta rombongan. Diketahui, Alfedri saat ini merupakan Bupati Siak hasil Pilkada Serentak Tahun 2020.

Dalam Muscab kali ini agak berbeda dari periode sebelum berdasarkan hasil Kongres PAN di Kendari Tahun 2019 yang lalu, bahwa pelaksanaan Muscab PAN agak berbeda.

Dalam pemilihan Ketua DPC PAN yang terdiri dari Empat (4) Kecamatan yaitu, Sungai Apit, Kerinci Kanan, Tualang dan Sungai Mandau dengan sistem formatur.

Pada sambutannya pada Muscab ini, Ketua DPD PAN Kabupaten Siak H. Syarif menyampaikan, agar ke depan seluruh pengurus maupun kader benar-benar dan bersungguh-sungguh dalam membesarkan partai.

"Mari kita Istiqomah dan sungguh-sungguh dalam membesarkan partai ini, dan kepada siapa nantinya yang terpilih sebagai ketua formatur, maka otomatis yang bersangkutan menjadi Ketua DPC," ucap H. Syarif. 

Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Ketua DPW PAN Riau Drs. H. Alfedri, M.Si., dalam sambutannya berpesan, agar Ketua DPC terpilih maupun jajaran kepengurusannya mau membantu DPD Kabupaten Siak dalam kepengurusan akar rumput. 


"Kepada Ketua DPC yang terpilih nantinya, wajib membantu Ketua DPD PAN Kabupaten Siak, untuk membentuk Ranting-Ranting PAN di setiap Kampung (Desa) dan harus selesai pada tahun ini juga. Perlu saudaraku ketahui, bahwa kami dari DPW akan mengevaluasi kerja-kerja DPC," ujar Alfedri. 

"Kami berharap, agar saudaraku semuanya harus senantiasa menjaga kekompakan dalam menyongsong Pileg 2024, maka PAN di Kabupaten Siak Insya Allah akan menang dan di Propinsi Riau juga kita harus bekerja keras untuk menang dan itu adalah target kita," sambungnya. 

Dalam Muscab PAN VI di Tualang ini, yang terpilih sebagai Ketua Formatur, sesuai dengan AD/ART PAN, maka Ketua Formatur secara otomatis adalah Ketua DPC PAN. 

Berdasarkan keputusan rapat teknis tim verifikasi DPW PAN Riau dan DPD PAN Kabupaten Siak, memutuskan sebagai Ketua PAN Sungai Apit adalah Sopyan, Ketua DPC PAN Kerinci Kanan Suprapto Hariono, Ketua DPC PAN Tualang Yuhendrijal dan Ketua DPC PAN Sungai Mandau Riduan. 

Pada Muscab PAN VI di Tualang kali ini memang banyak kegiatan yang dipangkas mengingat kondisi Covid 19, diantaranya laporan pertanggungjawaban Ketua DPC PAN yang lama di tiadakan dan lain sebagainya, namun substansi legalitas Muscab PAN ke VI tetap mengikuti prosedur sesuai dengan ketentuan AD/ART PAN.

Dengan terpilihnya Ketua Formatur DPC PAN di empat Kecamatan tersebut, maka Ketua Formatur yang terpilih di minta oleh pimpinan sidang untuk menyusun struktur organisasi PAN di Kecamatan masing-masing sesegera mungkin, untuk disampaikan ke DPW agar di SK kan.

Pada Muscab DPC PAN ke VI periode ini memang dilaksanakan secara sederhana, mengingat kondisi Covid 19 yang juga belum reda, namun kegiatan Muscab tetap penuh dengan hikmad yang diikuti oleh kader-kader PAN Kabupaten Siak.*

(Gunawan. S) 

TerPopuler

> Whatsapp-Button