Iklan

Iklan

Dilengkapi 485 Tempat Tidur, Walikota Medan Siapkan KM Bukit Raya Sebagai Tempat Isoter

Jumat, 20 Agustus 2021, 8/20/2021 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Belawan - KM Bukit Raya yang bersandar di Dermaga 007 Pelabuhan Belawan akan dipergunakan sebagai tempat Isolasi Terpusat (Isoter) bagi warga Medan Utara yang terpapar Covid-19, yang saat ini mampu menampung 485 tempat tidur.

Hal ini diungkapkan Walikota Medan Bobby Nasution didampingi Wakil Walikota Aulia Rachman disela-sela meninjau KM Bukit Raya yang dikhususkan untuk warga Medan Utara, Belawan, Kamis (19/8/2021).

KM Bukit Raya sebelumnya digunakan PT. Pelni sebagai kapal penumpang dengan jalur Jakarta, Batam, Arempa, Midai, Natuna, Serasan, Pontianak dan Tanjung Perak Surabaya.

Bobby lalu naik melihat langsung fasilitas di KM Bukit Raya, yang nantinya akan dijadikan tempat isolasi hingga tempat berjemur para pasien kelak.


Bobby menjelaskan, KM Bukit Raya milik PT. Pelni sudah siap dioperasikan untuk menampung warga yang terpapar Covid-19, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan yang sudah membantu 1 kapal untuk isolasi mandiri.

Soal tenaga kesehatan yang akan bertugas di Isoter KM Bukit Raya ini, Bobby Nasution mengatakan sudah tersedia.

"Setiap 100 pasien itu akan ditangani 4 dokter dan 8 perawat. Ini murni dari Dinas Kesehatan Medan bekerja sama dengan RSUD Dr Pirngadi Medan," sebut Bobby Nasution.

Sementara, Direktur PT. Pelni Pusat Sodikin menjelaskan, bahwa KM Bukit Raya sudah siap menampung warga yang terpapar Covid-19. Para warga yang terpapar tersebut di Isolasi diatas kapal ini hanya memakan waktu selama 4 hari dan telah sembuh. Jika dirawat di rumah sakit memakan waktu selama 10 hari.

PT. Pelni sudah mengerahkan kapal untuk Isolasi sebanyak 6 unit, yang pertama di Makasar dan di Medan dan tempat lainnya.*

(Adi Yusman)

TerPopuler

> Whatsapp-Button