Dinas PUPR UPT Wilayah V Leuwiliang Kebut Pengerjaan Pemasangan Bronzong

Jumat, 20 Agustus 2021, 01:58 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Bogor - Dinas PUPR Kabupaten Bogor melalui UPT yang ada di Kecamatan, yang saat ini di bagi dari beberapa kecamatan untuk satu UPT, yakni Kecamatan Leuwiliang, Kecamatan Leuwisadeng dan Kecamatan Rumpin mengebut pengerjaan yang sudah mulai dilaksanakan.

Kepala UPT JJ wilayah V Eko Sulistianto ketika ditemui di kantornya mengatakan, untuk Wilayah Zona V tepatnya di Kecamatan Leuwiliang, Leuwisadeng dan Rumpin sering terjadi longsor dan pengikisan jalan, sehingga bisa menghambat mobilitas para penguna jalan, baik Roda Dua, Empat dan lebih.

"Laporan yang saya terima setelah saya baru berapa bulan bertugas di wilayah V ini sangat memprihatinkan, banyak terjadi pengikisan dan hampir 14 titik yang perlu diprioritaskan," ujar Eko Sulistianto kepada awak media.

Dari hasil survey dan juga laporan dari warga ke pengawas, dirinya langsung turun ke lapangan untuk melihat langsung laporan dari warga dan staf pengawas yang ditugaskan memantau dibeberapa titik tersebut.

"Saya langsung mengajukan usulan ke dinas karena sangat bahaya. Usulan ini merupakan hasil dari peninjauan di lapangan jika ada yang perlu diamankan, karena kondisi bahu jalan yang sudah terkikis atau mengalami longsor, seperti yang sekarang sudah di kerjakan pemasangan bronzong di wilayah ruas jalan Leuwiliang Kampung Sawah di sta 6+200," paparnya.

"Alhamdulillah respon dari warga setempat senang dengan pemasangan kawat bronzong di titik tersebut, karena di lokasi tersebut sangat rawan kecelakaan, warga sangat berterima kasih karena laporan mereka dengan cepat di respon. Semoga, dengan pemasangan kawat bronzong tersebut, bisa mengurangi kecelakaan bagi para pengguna jalan," paparnya kembali.


Lanjut Eko, program pengadaan bronzong adalah satu program pengadaan bahan yang ada di bidang pemeliharaan jalan dan jembatan, yang dimaksudkan untuk menangani jalan yang mengalami longsor atau jalan yang mempunyai bahu jalan yang terkikis.

Maksud dan tujuan pemasangan bronzong untuk mengamankan badan jalan dan memberikan pengamanan bagi penguna jalan.

Sedangkan pengadaan bahan bronzong yang diprogramkan oleh dinas, dengan melalui penyedia jasa dalam lelang pengadaan yang di suplay kepada setiap UPT yang membutuhkan bronzong, yang sebelumnya mengusulkan kebutuhan bronzong untuk mengamankan badan jalan.

"UPT punya kewajiban untuk menerapkan di lapangan, dari usulan kebutuhan akan bronzong terhadap realisasi yang diberikan oleh dinas sekitar 5 bulan dari saat mengusulkan," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kades Karehkel Odih mengatakan, dengan adanya pemasangan bronzong tersebut diwilayahnya hal itu sangat disyukuri, karena sebagai pengaman jalan dan memang kondisi di lapangan sangat berbahaya dan sudah banyak yang menjadi korban.

"Alhamdulillah sekarang dipasang bronzong, untuk pengamanan di bahu jalan dan memberikan rasa aman bagi para pengendara," ungkapnya.*

(Saidi)

TerPopuler