Gelar Safari Jumat, Bupati Tanjab Barat Salurkan Dana CSR di Desa Pematang Buluh

Sabtu, 07 Agustus 2021, 07:58 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Tanjab Barat - Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat) Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag., didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Tanjab Barat menggelar Safari Jumat ke Desa Pematang Buluh Kecamatan Betara, Jumat (06/08/21).


Pada kesempatan itu, Bupati Anwar Sadat sempat menyinggung terkait guru di Pematang Buluh yang belum terdaftar bantuan dari pemerintah daerah, khususnya untuk kesejahteraan pengajar.


"Informasi yang saya dapat, masih ada guru-guru kita di Pematang Buluh ini yang belum mendaftar untuk menerima bantuan. Untuk itu, bagi tuan guru yang namanya belum masuk di daftar honor guru- guru agama agar disampaikan ke Kepala Desa dan Camat, karena sampai hari ini yang sudah terdaftar kurang lebih 2.600 sementara target saya hingga tahun 2024 harus mencapai 6.000 orang guru agama, guru madrasah dan imam masjid yang kita bantu, untuk mendapat tambahan penghasilan," kata Bupati.


Bantuan ini, jelas Bupati jangan dilihat dari besar atau kecil nominalnya, namun ini adalah wujud perhatian pemerintah kepada guru-guru yang telah mendedikasikan diri mengajar dan mendidik anak-anak, baik di masjid, madrasah dan juga di rumah.


Bupati juga mengungkapkan, bahwa Desa Pematang Buluh sebenarnya sudah termasuk kedalam kawasan wisata nasional. Yang beberapa tahun terakhir tidak mendapatkan perhatian yang cukup dari pemerintah, terutama terkait pengembangan potensi wisata yang ada.


"Hari ini kami datang kesini untuk melakukan peninjauan sekaligus evaluasi. Mudah-mudahan bisa kita angggarkan, baik nanti kita coba di APBD Perubahan tahun ini maupun pada APBD Tahun 2022. Tentunya kita akan gunakan skala prioritas, mana aspek yang sifatnya segera terutama jika aspek tersebut terintegrasi dengan peningkatan ekonomi masyarakat disini," ungkap Bupati.


Sebab menurut Bupati, sebagaimana amanah Presiden Joko Widodo, di masa pandemi ini, pemerintah harus pandai-pandai mengelola anggaran, harus tau kapan saatnya tancap gas dan kapan saatnya tekan rem.


"Maksudnya pada saat wabah dalam kondisi menurun, saat itu ekonomi kerakyatan kita gas, jangan sampai perekonomian kita stagnan dan mati. Contohnya lokasi-lokasi yang menjadi tujuan wisata kita, tinggal kita perbaharui standar protokol kesehatannya sehingga bisa tetap berjalan dan pendapatan masyarakat kita dapat tumbuh dan berkembang," ujarnya.


Mengingat saat ini mulai masuk musim kemarau, Bupati menghimbau seluruh warga masyarakat, perangkat kecamatan dan perangkat desa agar senantiasa menjaga lingkungan terutama dari kebakaran kebun-kebun masyarakat. Kemudian, pada saat membuka lahan tidak lagi dengan cara membakar.


"Bagi yang ingin membuka lahan untuk berkebun, kita akan bantu atau pinjamkan peralatannya. Jadi sama-sama kita jaga kebun dan rumah dengan kehati-hatian, karena sumber air kita sedikit dan alat pemadam kita terbatas," jelasnya.


Dalam kesempatan ini, dirinya juga menyampaikan tentang pembangunan jaringan gas. Dalam hal ini yang seharusnya dibangun di betara, namun pada akhirnya  berubah ke wilayah Tungkal Ilir.


Terkait hal tersebut, dirinya akan mengusahakan wilayah Betara, Pematang Lumut termasuk Pematang Buluh bisa segera dibangun jaringan gas tersebut.


"Jangan takut untuk menggunakan jaringan gas ini. Karena safety nya sudah aman terutama untuk ibu-ibu rumah tangga dan harganya murah serta terjangkau," kata Bupati Anwar Sadat.


Pada kesempatan ini, Bupati Tanjab Barat juga memberikan bantuan Dana CSR dari Bank 9 Jambi untuk pembangunan Masjid Baiturahman senilai Rp. 5.000.000,- dan juga bantuan seperangkat Mushaf Al Qur’an.


Usai Sholat Jum’at, Bupati didampingi Ketua TP-PKK Hj. Fadhilah Sadat meninjau tempat pemandian air panas di Pematang Buluh, yang terletak bersebelahan dengan masjid. Kemudian rombongan juga menyempatkan diri meninjau sekaligus membeli produk usaha kerajinan tangan “ANISA”, berupa tikar anyaman purun milik Nurhayah, warga Pematang Buluh.


Sebelum pulang, Bupati beserta rombongan juga berkesempatan mampir ke Pondok Pesantren Daarul Ishlah Cabang Jakarta di RT.05 Desa Pematang Buluh. Dan kepada Ustadz Idris selaku pengasuh ponpes, Bupati juga memberikan bantuan dana CSR Bank 9 Jambi senilai Rp. 5.000.000,-.


Turut mendampingi Bupati dan Ketua TP PKK dalam Safar Jum’at Berkah tersebut, Sekretaris Daerah Haji Agus Sanusi beserta istri, Asisten III Setda Jeter Simamora, Kepala Bappeda Haji Firdaus Khatab, Kadis Kominfo H.Taharuddin, Kadis PMD H. Noor Setio Budi, Kadisparpora Otto Riadi, Kadis Lingkungan Hidup Suparjo, Kabag Prokopim Setda Muhammad Firdaus, Bagian Kesra Setda, Camat Betara Toni Ermawan Putra, Kepala Puskesmas Pematang Buluh, Kapolsek, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.*


(DN)

TerPopuler