Iklan

Iklan

Kaji Program Kerja Bidang Teritorial, Tim Pusterad Kunjungi Kodim 1619/Tabanan

Jumat, 20 Agustus 2021, 8/20/2021 WIB
Oleh Snipers.news.com

SNIPERS.NEWS | Tabanan - Tim Kelompok Staf Ahli Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Kunjungi Kodim 1619/Tabanan dalam rangka mengkaji Program Kerja Kodim 1619/Tabanan bidang Teritorial, pada Kamis (19/8/2021)

Kunjungan Tim Pusterad tersebut dipimpin oleh Kolonel Infanteri Yosef Tri Priyanto yang saat ini menjabat sebagai Perwira Ahli bidang Ilpengtek (Ilmu Pengetahuan Teknologi) dan didampingi oleh Kapten Infanteri Heru Darujito (Kasi Pam Bag Pamter Subditbinpamterops Sdirum Pusterad).

Tim diterima langsung oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Infanteri Ferry Adianto S.I.P, Kasdim 1619/Tabanan Mayor Infanteri Dewa Putu Oka dan para Perwira Seksi Kodim 1619/Tabanan.

Adapun titik kajian tim Pusterad kali ini adalah program kerja dan kerja tim Pusterad terkait dengan bonus demografi dengan Koresponden dari pemda dan akademisi di wilayah Kodim  1619/Tabanan Ta. 2021, hadir dari pemerintah daerah Kabupaten Tabanan Kepala Dinas Penduk dan KB Kab Tabanan Dr.Ni Luh Sukardiasih, M.For.,M.A.R.S. serta dari Akademisi di wakili oleh Dosen Universitas Saraswati Kab Tabanan Dr. Dewa Nyoman Wija Astawa, M.Pd.

Dalam wawancara antara Tim Kajian  Poksahli Pusterad dengan Dandim 1619/Tabanan, Kasdim 1619/Tabanan dan Koresponden dari Pemerintah Daerah serta  akademisi membahas ke efektikan demografi di bidang Teritorial di wilayah Kabupaten Tabanan.

Akademisi Dosen Universitas Saraswati Kabupaten Tabanan Dr. Dewa Nyoman Wija Astawa, M.Pd. mengemukakan, bahwa dirinya sangat antusias dengan adanya wawancara dari Tim Pusterad dan Dandim 1619/Tabanan beserta jajaran.

Ia menyampaikan, bahwa kegiatan bela negara yang sudah diselenggarakan di Rindam IX/Udayana sangat positif sekali dalam pembentukan karakter mahasiswa di kampus, dengan harapan nantinya para mahasiswa bisa menjadi generasi yang tangguh dalam menghadapi tantangan bangsa dimasa depan.

Dengan kegiatan bela negara para mahasiswa mengetahui serta memahami pentingnya kedisiplinan yang dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan untuk membentuk perilaku dan sikap yang membangkitkan rasa cinta tanah air dan memiliki karakter yang kokoh sebagai generasi penerus bangsa.


Sedangkan Kadis Penduk dan KB Kabupaten Tabanan Dr. Ni Luh Sukardiasih ,M.For., M.A.R.S. menyampaikan, kegiatan wawancara dari Tim Pusterad dan Dandim 1619/Tabanan beserta jajaran sangat baik dimana di sini menyampaikan kualitas/Karakter penduduk di wilayah Kabupaten Tabanan dan menyampaikan program KB dengan perubahan Demografi kedepannya untuk pengendalian penduduk, merencanakan keluarga yang berkualitas salah satunya cara adalah menunda kehamilan dan kelahiran. 

Sehingga, program KB itu harus tetap berjalan disertai dengan kinerja dari petugas untuk melakukan tugasnya serta menyampaikan edukasi. 

"Selain itu kami juga mempunyai rencana untuk gencar melakukan pembinaan terhadap kelompok pemuda dan lansia, yang penting kami melakukan pembinaan kepada anak-anak di bawah umur yang belum semestinya melahirkan diupayakan supaya melaksanakan pendidikan dan bisa bekerja setelah itu sudah memenuhi kebutuhan baru menjelang pernikahan," paparnya.

"Kalau semua seperti itu, kemungkinan bisa mengurangi angka kelahiran, dimana selama ini kami juga sudah dibantu dari Kodim 1619/Tabanan untuk mensiolisasikan kepada masyarakat dalam mengurangi angka kelahiran kepada anak-anak di bawah umur diwilayah Kab Tabanan," jelasnya.*

(Agung DP/Iskandar/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button