Iklan

Iklan

Kapolres Berikan Arahan Kepada Personil Tracer Polres Tabanan

Kamis, 19 Agustus 2021, 8/19/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti


SNIPERS.NEWS | Tabanan - Untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan memastikan bahwa masyarakat bersih dari virus corona Virus Dessea 2019,  Polri telah melakukan berbagai upaya penanganan pencegahan Covid-19.

Dalam Penanganan Pencegahan Covid19 di Kabupaten Tabanan Polres Tabanan bersinergi dengan TNI Kodim 1619/Tahanan, Pemkab Tabanan, dan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Tabanan.

Untuk lebih memaksimalkan pelaksanaan Pencegahan Covid-19 telah pula dilakukan 3 T  (Testing, Tracing, Treatment) yang pelaksanaan tugasnya dilakukan oleh para petugas Tracer Polres Tabanan bekerja sama dengan Petugas Tracer TNI Kodim 1619/Tabanan dan tenaga kesehatan dari Puskesmas masing-masing Kecamatan se Kabupaten Tabanan.

Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., Pada Hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021 pukul 09.00 wita, bertempat dilapangan apel Polres Tabanan, memberikan arahan khusus kepada Bhabinkamtibmas dan Bintara Remaja BKO Polda Bali yang bertugas sebagai Tracer, dari 133 Desa yang ada di Kabupaten Tabanan Bhabinkamtibmas yang dilibatkan sebagai Tracer sebanyak 134 orang dan di backup 32 Bintara Remaja BKO Polda.


Dalam arahannya Kapolres Tabanan menyampaikan bahwa, tugas Bhabinkamtibmas cukup berat disamping mengemban fungsinya sebagai ujung tombak tugas-tugas Kepolisian secara umum di Desa kali ini juga ditugaskan sebagai petugas tracer untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Petugas tracer ini adalah merupakan tulang punggung bagi Polri untuk mencegah penyebaran Covid-19," ucap Kapolres Tabanan.

Terkait pencapaian target dan upaya penanggulangan penanganan Covid-19  agar tidak lepas dari 3 T dipastikan agar berjalan dengan baik, lakukan seperti melaksanakan olah TKP, dengan siapa saja yang terkonfirmasi positif tersebut sempat kontak erat, kalau sebelumnya hanya pada keluarganya kini laksanakan lebih maksimal kepada orang- orang yang sempat diajak kontak erat, termasuk ke tetangga kiri kananya yang bersebelahan langsung, hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa masyarakat bersih Covid-19. Jika ditemukan ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 segera lakukan penanganan sesuai dengan prosedur penanganan Covid-19, bersinergi dengan gugus tugas Covid-19 dan TNI serta tenaga kesehatan.

Sampaikan kepada masyarakat ditempat lokasi yang ditemukan adanya terkonfirmasi positif agar menjaga diri sesuai dengan protokol kesehatan, demikian juga kepada yang terkonfirmasi agar tidak melakukan interaksi sosial dulu dengan orang lain, sehingga penyebaran Covid-19 dapat dicegah dan diminimalisir, sehingga target tracing dapat lebih maksimal lagi.


Tracer manual harus selalu terhubung dengan Tracer Digital, data yang diperoleh oleh tracer manual harus diserahkan untuk selanjutnya diinput oleh petugas Tracer Digital.

Bhabinkamtibmas selaku petugas tracer manual agar bersinergi juga dengan Babinsa, dan petugas Puskesmas dalam input data tracing disampaikan kepada petugas tracer digital dimasing-masing Polsek.

Selamat bertugas dan tetap jaga kesehatan dengan Disiplin menerapkan protokol kesehatan," tegas Kapolres Tabanan.* 

(Arifin/Lilik/Hms)

TerPopuler

> Whatsapp-Button