Kapolsek Dopan Amankan Tiga Pelaku Pencurian Asal Kota Siantar

Kamis, 05 Agustus 2021, 23:10 WIB
Oleh Redaksi

SNIPERS.NEWS | Simalungun - Kapolsek Dolok Panribuan (Dopan) AKP Nelson Butar-butar memimpin pengamanan tiga orang pelaku pencurian asal Kota Siantar, pada hari Kamis (05/08/21) sekira pukul 08.00 Wib pagi.


Ketiganya berinisial JVS alias Joys (18), warga Pasar 1 Rambung Merah Jalan Ampera Kelurahan Asuhan Kecamatan Siantar Timur, DPT alias Dedy (16) warga Jalan Lau Cimba Lokasi SD Bertingkat 122379 Kelurahan Asuhan Kecamatan Siantar Timur dan MS alias Mustriadi (18) warga Lorong Cinta Dame jalan Medan Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Siantar Martoba.


Ketiga pelaku itu sebelumnya telah ditangkap warga bahkan sempat di massa, setelah melakukan pencurian di warung milik korban Lasma Gultom (55), yang terletak di Simpang Palang Nagori Pondok Bulu Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun, hari Kamis (5/8/2021) dini hari sekira pukul 02.30 Wib.


Awalnya korban terbangun dari tidurnya dan melihat 1 unit sepeda motor bebek warna hitam yang tidak dikenalnya sedang parkir didepan warung miliknya.


Selanjutnya, korban juga melihat ada satu orang laki-laki tidak dikenalnya duduk diatas sepeda motor itu. Dan tidak berapa lama, keluar 2 orang laki-laki yang juga tidak dikenalnya dari warungnya kemudian ketiga orang laki-laki itu melarikan diri menggunakan sepeda motor.



Melihat itu korban berteriak, "Maling..maling" dan teriakan korban itu didengar para saksi sehingga bersama-sama mengejar ke 3 pelaku yang masuk ke hutan-hutan. Usaha para saksi tidak sia-sia, karena berhasil menangkap ketiga pelaku.


Pagi harinya sekira pukul 08.00 Wib, Kapolsek Dopan AKP Nelson Butar-butar baru menerima informasi dari masyarakat, kemudian bersama Kanit Reskrim Iptu Hengky B Siahaan, S.H. dan personil piket datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).


Satu orang pelaku berinisial JVS alias Joys ditemukan sudah diamankan warga di jalan umum Parapat-Siantar Desa Marihat Huta Nagori Dolok Parmonangan Kecamatan Dolok Panribuan, kemudian dua pelaku lagi DPT alias Dedy dan MS alias Mustriadi ditemukan diamankan warga dibawah jurang tepatnya di Sungai Pogos karena melompat.


Dari ketiga pelaku, diamankan barang bukti Uang sebanyak Rp. 7.500 dari dalam kotak Indomie, 1 unit sepeda motor Vario warna hitam tanpa plat no polisi, 1 buah kunci roda, gembok warna kuning keadaan rusak, gembok warna putih keadaan rusak, 2 botol Aqua berisi minyak dan Dompet warna kuning.


Selanjutnya Kapolsek memperintahkan anggotanya membawa ketiga pelaku ke Puskesmas untuk dilakukan tindakan medis/perobatan, kemudian membawa ketiganya ke Polsek Dolok Panribuan untuk proses hukum.


Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian uang Rp. 4 Juta dan 2 botol Aqua berisi minyak sehingga membuat laporan pengaduan dengan Laporan Polisi nomor : Lp/ B/ 19/ VIII/ 2021/ SEK DOPAN/RES.SIMAL/POLDA SUMUT, tanggal 5 Agustus 2021.


"Ketiga Pelaku sudah diamankan guna dilakukan pemeriksaan untuk diproses sesuai prosedur hukum yang berlaku," kata Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Dopan AKP Nelson Butar-butar dikonfirmasi, Kamis (5/8/2021) malam.*


(PN)

TerPopuler