Iklan

Iklan

Kodam IX/Udayana Launching Pompa Hidram Tahap III dan Kegiatan Gejala di Bali - Nusra

Kamis, 05 Agustus 2021, 8/05/2021 WIB
Oleh Cinta Pradiva Alvina Ardianti

SNIPERS.NEWS | Denpasar - Upaya Kodam IX/Udayana untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat diwilayah Bali-Nusra semakin intens dilakukan melalui kegiatan non program, salah satunya dalam program mendukung ketersedian air untuk warga yang masih kesulitan mendapatkan air bersih yang diwujudkan dengan pemasangan pompa hidram pada sumber air yang sulit dicapai oleh masyarakat. 

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc.,  secara Virtual atau melalui Video Conference (Vidcon) bertempat di Ruang Airlangga Puskodalops Kodam IX/Udayana, pada Kamis (5/7/2021) melaksanakan kegiatan Launching Pompa Hidram Tahap III, Peresmian Rehab Gereja, dan kegiatan Gerakan Jaga Alam dan Lingkungan (Gejala) diwilayah Bali-Nusra.

Pangdam menyampaikan, kegiatan Launching Pompa Hidram Tahap III ini merupakan awal dan dimulainya kembali pembangunan pompa hidram sebanyak 54 titik yang tersebar diwilayah Bali-Nusra.  Pada tahap I dan II sebelumnya telah dibangun pompa hidram sebanyak 137 titik juga tersebar diwilayah Bali-Nusra serta saat ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat.
 

Sampai saat ini Kodam IX/Udayana telah dan sedang membangun sebanyak 191 titik yang tersebar diwilayah Bali-Nusra. Target pembangunan pompa hidram diwilayah Bali-Nusra dengan jumlah keseluruhan sebanyak 202 titik tersebut diharapkan bisa selesai sampai akhir bulan Oktober 2021.

“Melalui survey maupun kajian, kita juga telah memulai kegiatan untuk sumur bor pompa air dalam, namun kegiatan ini masih sangat terbatas karena alat bornya hanya ada tiga unit dan sedang mengerjakan ditiga tempat. Kita juga akan terus diupayakan semaksimal mungkin dengan dukungan dari berbagai pihak, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan secara maksimal," jelas Pangdam.

Selanjutnya, terkait tempat-tempat ibadah dan tempat-tempat kegiatan masyarakat yang memerlukan bantuan agar didata oleh para Babinsa dan dibantu Bhabinkamtibmas diwilayah masing-masing. Semoga Kodam IX/Udayana secara bersinergi bisa membantu dan mengerjakannya. 

“Dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini Kamis, 5 Agustus 2021, Pengerjaan Pompa Hidram Tahap III, Peresmian Rehab Gereja, dan kegiatan Gerakan Jaga Alam dan Lingkungan (Gejala) diwilayah Bali-Nusra, saya nyatakan dimulai”, ucap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut Pangdam juga mengingatkan apa yang telah disampaikan oleh pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan, upayakan selalu menerapkan 5 M. jangan anggap remeh Covid-19 dan jangan terlalu takut, karena 90 % pasien Covid-19 bisa sembuh asalkan laksanakan isolasi dengan baik dan sebaiknya laksanakan isolasi terpusat sehingga tidak menimbulkan klaster baru.


“Kepada TNI dan Polri, kita harus menjadi penegak dan membantu Pemda diwilayahnya dalam melakukan tracing, tracking dan testing semaksimal mungkin untuk mengantisipasi berkembangnya pandemi Covid-19 ini. Laksanakan isolasi terpusat dan upayakan mulai dari Desa sampai Kecamatan mempunyai tempat-tempat isolasi terpusat untuk menanggulangi penyebaran Covid-19”, harap Pangdam.

Dalam acara tersebut, Pangdam juga melakukan interaktif dan tanya jawab dengan beberapa Kepala Daerah, Tomas, Toga, Todat dan Organisasi Kepemudaan yang mengikuti kegiatan Vidcon tersebut, yang intinya semua mengucapkan terima kasih atas nama masyarakat yang telah dibantu Kodam IX/Udayana atas pembangunan Pompa Hidram dan Rehab pembangunan Gereja yang telah selesai dilaksanakan sehingga dapat mengatasi kesulitan masyarakat diwilayah tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam didampingi Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL, LO AU dan para Dan/Kabalakdam IX/Udayana serta secara terpisah diikuti juga oleh para Danrem dan Dandim jajaran Kodam IX/Udayana. 

(Arifin/Lilik/Kapendam IX/Udayana)

TerPopuler

> Whatsapp-Button