Kodim 0822 Bondowoso Berikan Pembekalan Kepada 11 Bintara Asli Papua

Jumat, 06 Agustus 2021, 15:03 WIB
Oleh TAUFIQ PERS

SNIPERS.NEWS | Bondowoso - Dalam rangka menambah wawasan kepada Putra-Putra Papua, yang akan melakukan kegiatan Aplikasi peningkatan kemampuan Teritoral sebagai Babinsa di wilayah Papua, Dandim 0822/Bondowoso Letkol Kav Widi Widayat, ST., memberikan pembekalan kepada peserta Katpuanter Abit Dikjurba Otsus TNI AD TA. 2021, Jum'at (06/08/2021).

Dalam pemberian pengarahan Komandan Kodim 0822/Bondowoso  didampingi oleh Kasdim, Para Pasi, Danramil dan Bintara Pendamping jajaran Kodim 0822/Bondowoso.

Dalam rangka pemenuhan organisasi Satuan di wilayah Papua Khususnya Kodam XVIII/Kasuari dan atas aspirasi warga Papua sesuai otonomi khusus Papua, maka dilaksanakan perekrutan Putera Puteri Asli Papua untuk menjadi prajurit TNI AD. Atas hasil seleksi maka ada 1.000 orang asli Papua yang didik menjadi prajurit TNI AD terdiri dari 960 Putera dan 40 Puteri.

Saat ini mereka sudah selesai menjalani pendidikan pembentukan dan kejuruan, yang rencananya mereka akan dikembalikan ke Kodam XVIII/Kasuari (Papua Barat) untuk menjadi Babinsa. Sebelum mereka mengemban tugas sebagai Babinsa, mereka akan dibekali pelatihan bagaimana menjadi Babinsa berupa praktek lapangan di Koramil-Koramil.

"Pada dasarnya orang Papua itu sama dengan warga negara Indonesia lainnya, hal ini bisa dilihat hanya kata-kata dalam bahasa Papua sama dengan bahasa di wilayah Indonesia. Perbedaan warna kulit dan rambut dikarenakan orang Indonesia bagian barat banyak mengalami asimilasi dengan orang dari negara lain seperti Gujarat/India, Cina, Eropa dan kawasan lain di dunia,” ujar Dandim.

Dandim 0822 juga mengingatkan, selama kegiatan aplikasi (praktek lapangan) silahkan manfaatkan dengan baik, karena apa yang didapat saat praktek lapangan ini, itulah yang akan diterapkan dalam pelaksanaan tugas sebagai Babinsa di wilayah Papua.

"Kepada para pembina dan pendamping, arahkan mereka dengan baik, beri contoh dan tauladan yang baik sehingga dalam diri mereka akan tertanam kesan yang mendalam,” tandasnya.*

(suwaris)

Sumber : Pendim 0822 Bondowoso.

TerPopuler